10 Manfaat Ikan Patin Bagi Kesehatan

Titipku.com – Ikan patin atau dalam bahasa Inggris catfish Berarti bisa ditebak bahwa ikan patin masih satu kelaurga dengan ikan lele dengan nama bahasa Inggris yang sama. Bentuknya sih tidak mirip 100% ya. Kemiripan yang paling jelas terlihat ada di bagian wajah. Di mana keduanya mempunyai kumis yang cukup panjang.

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang sering dijadikan bahan baku utama makanan oleh orang Indonesia. Buktinya dengan banyaknya kudapan dari ikan patin seperti sop, gulai, abon, kerupuk, pepes, dan makanan lain. Selain enak, ikan patin memang mempunyai banyak manfaat. Berikut ini manfaat ikan patin bagi kesehatan yang peru kamu tahu.

Manfaat Ikan Patin

  • Mengurangi Kolesterol

Manfaat ikan patin yang pertama adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Setiap manusia pasti mempunyai kolesterol. Namun perbedaannya ada pada kadarnya, wajar, atau berlebihan. Jika kolesterol terlalu menumpuk, pembuluh darah bisa tersumbat. Ini akan memicu beragam penyakit seperti darah tinggi sampai jantung.

Ikan patin bisa membantu kamu untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kamu mempunyai kolesterol berlebih, konsumsi ikan patin sering-sering deh! Karena ikan patin ini mengandung lemak tak jenuh. Oleh karena itu kamu bisa membantu mengurangi kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh.

  • Mencegah Penyakit Jantung

manfaat ikan patin

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, kolesterol bisa memicu penyakit jantung. Kamu pasti tahu jika penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia bukan? Dengan mengonsumsi ikan patin, kamu bisa sedikit menghindari kambuh atau terjadinya penyakit jantung. Semua ini berasal dari lemak tak jenuh yang dikandung kan patin. Sebab lemak tak jenuh ini akan menghambat pembuluh darah.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat ikan patin berikutnya yakni mempercepat proses penyembuhan luka. Rata-rata luka kecil misalnya tergores atau lecet akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun jika lukanya serius, maka membutuhkan proses yang lebih lagi. Apalagi jika mempunyai riwayat penyakit hemofilia, diabetes, dan lainnya yang menjadikan tubuh sulit menyembuhkan diri.

Ikan patin mengandung banyak Omega 3 yang sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan luka. Jika terluka akrena jatuh, tergores, sehabis operasi atau luka apapun juga, konsumsilah ikan patin sesering mungkin.

  • Menguatkan Tulang dan Gigi

Tidak hanya daging ikan patin saja yang bermanfaat. Ternyata tulang alias durinya juga mempunyai kandungan fosfor dan kalsium cukup tinggi. Kedua kandungan ini juga berperan penting untuk kebutuhan fosfor dan kalsium tubuh kita.

Dengan rutin konsumsi ikan patin dan durinya, maka gigi dan tulang bisa menjadi lebih kuat. Tentunya kamu juga bisa menghindari masalah osteoporosis dong. Nah caranya bisa dengan memasaknya menggunakan cara presto atau pepes hingga duri yang lembek.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Bagi yang belum familiar dengan istilah sistem kardiovaskular ini istilah mudahnya adalah sistem peredaran darah. Sistem ini berfungsi mengirimkan zat dan sel untuk seluruh tubuh dan semuanya berjalan melalui darah. Contohnya adalah darah mengangkut oksigen dari paru-paru untuk disalurkan ke otak.

Nah daging ikan patin dapat mencegah penyakit yang menjangkit sistem kardiovaskular. Ian patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk cegah penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah. Mengapa? Karena kandungan lemak tak jenuh ikan patin mencapai 50% dari total gizi yang ada pada ikan tersebut. Luar biasa banyak kan? ๐Ÿ™‚

  • Baik untuk Sistem Syaraf

Tak hanya baik untuk sistem peredaran darah, ikan patin juga bermanfaat untuk memperlancar sistem syaraf. Tugas sistem syaraf adalah untuk menerima informasi yang membuat rangsangan. Jika sistem syaraf tidak beres adalah sakit kepala berlebihan di kepala.

  • Mempercepat Penurunan Berat Badan

Sepertinya semua orang sangat menginginkan tubuh yang ideal, benar? Bentuk tubuh ideal bukan berarti langsung, six pacts, atau berotot. Yang terpenting adalah sehat dan berat badan proporsional dengan tinggi dan kebutuhan.

Ikan patin ini merupakan makanan yang sehat untuk kamu yang menjalani program diet, karena ikan ini mengandung sedikit karbohidrat dan sangat sedikit lemak jahat. Bahkan kandungan lemak ikan patin jauh lebih rendah dari dada ayam. Ikan juga mengandung protein yang tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi dan pembentukan otot.

  • Melancarkan Kinerja Otak

Manfaat ikan patin yang selanjutnya adalah untuk melancarkan performa otak. Ikan patin mengantung Omega 3 dan Omega 6 yang setara dengan salmon yang mahal! Kalau lagi on budget, salmon bisa diganti dengan ikan patin juga kok ๐Ÿ™‚

  • Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Ikan patin ini sangat baik untuk ibu hamil dan juga janin. Pasalnya ikan patin juga mengandung banyak bahan bermanfaat seperti DHA dan Omega 3. Keduanya berfungsi untuk menjaga kesehatan janin, menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal untuk menjaga janin agar tetap kuat dan sehat.

  • Membantu Pembentukan Otot

Jika kamu sedang mengikuti program pembentukan otot, maka konsumsilah ikan aptin yang banyak, Ikan patin mengandung protein tinggi, sehingga sangat efektif untuk menambah massa, memperkuat, dan mengencangkan otot. Ikan patin juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan menambah kekuatan tubuh, Jadi lebih kuat untuk berolahraga.

Nah demikian tadi sepuluh ikan patin yang kami lansir dari bacaterus.com. Sebenarnya manfaat ikan patin masih ada banyak sekali. Contohnya adalah sebagai penambah stamina tubuh, hingga bermanfaat untuk kecantikan yakni agar kulit bisa menjadi lebih halus.

Beli Ikan Patin dari Pasar Yuk!

Buat kamu yang ingin belanja ikan patin, tenangggg kamu cukup order melalui Titipku. Kamu tunggu di rumah biar kami yang belanjakan langsung dari pasar ๐Ÿ™‚ Ayoo tunggu apalagi. Pesan sekarang.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan