10 MINUMAN BUKA PUASA SEGAR PALING FAVORIT! NOMOR 5 SIH IDAMAN BANGET YA!

Titipku.com – Buka puasa memang enak dengan yang segar-segar. Beberapa minuman segar untuk puasa, seperti es dawet, es selandang mayang, dan es kopyor memang selalu menjadi pilihan. Akan tetapi jika bosan beberapa minuman segar tersebut. Anda bisa mencoba minuman es lainnya karena ada banyak pilihan es segar nikmat sekali disantap saat buka puasa.

Nah kali ini Titipku juga ingin merekomendasikan 10 pilihan es atau minuman buka puasa untuk buka puasa yang super segar! Beberapa pilihan es ini mungkin jarang dipilih untuk tajil buka puasa. Namun, tidak ada salahnya jika mulai saat ini Anda memilih 10 minuman buka puasa untuk membatalkan puasa Anda saat adzan maghrib berkumandang.

10 Es Segar untuk Buka Puasa

  1. Es Puter

    es puter, minuman buka puasa

Siapa yang bisa menolak kesegaran yang ditawarkan es puter? Dengan sajian beragam rasa, selera, cokelat, vanilla, kopyor, durian, aplukat, hingga dragon fruit alias buah naga. Es puter adalah es krim khas dari Indonesia.

Dinamakan es puter karena mesin pembuatanya terus berputar seperti mesin! Selain itu, es puter memang mudah sekali ditemukan. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah. Dewasa ini, sudah banyak penjual es puter yang menyediakan ragam topping untuk memberi variasi berbeda.

  1. Es Alpukat Kerok

Menu yang satu ini memang serba guna. buah dengan daingnya yang berwarna hijau kekuningan bisa diolah menjadi jus, es krim, sampai dimakan apa adanya. Jika dibuat menu bua puasa, tinggal kerok saja, selesai. Kerokan alpukat, taburan susu bubuk cokelat atau milo, tambahi es, dan jadiah!

  1. Es Mega Mendung

es mega mendung

Minuman es yang satu ini juga bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Es mega mendung jug sudah sangat familiar di lidah orang Indonesia. Selain beli, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tuangkan satu botol coca cola ukuran sedan ke dalam gelas terssebut lalu aduk-aduk hingga berbuih. Lalu tambahkan es batu yang sudah diserut ke dalam gelas, tambahkan topping berupa susu kkental manis, meses cokelat, serta buah ceri agar rasa es mega mendung Anda semakin segar.

  1. Es Buah

es buah, minuman buka puasa

Tidak sulit untuk menemukan pedagang es campur di pinggiran jalan. Bahkan minuman es untuk buka puasa ni juga bisa dijumpai dengan mudah di berbagai restoran bintang lima.

  1. Es Pallu Buntung atau Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Es pallu bunting atau juga yang dikenal sebagai es pisang ijo adalah menu es segar untuk berbuka puasa. Sekilas potongan buah pisang di dalam es ini akan tampak seperti pisang dengan daging buah berwarna hijau. Akan tetapi, sebenarnya pisang tersebut sudah dibungkus adonan dibuat dari tepung beras dan daun pandan. Lalu pisang yang telah dibungkus adonan ini dikukus dan dipotong-potong.

Es pallu butung ini disajikan dengan kuah kental dari campuran tepung beras dan air rebusan pandan. Rasanya sangat segar, tidak terlalu manis, sehignga tidak membuat cepat haus.

  1. Es Doger

Berpuasa di saat cuaca panas memang membuat setiap orang terasa semakin dahaga. Akan tetapi ketika adzan maghrib berkumandang, kita bisa membatalkan puasa dengan minuman es yang segar-segar seperti es doger. Sama juga dengan es campur, es doger iini sangat mudah dijumpai. Isi dari es doger ini adalah mutiara, nangka, alpukat, tape ketan hitam, daging kelapa muda. Setelah semua bahan diletakkan di dalam gelas, tambahkan lagi sirup homemade dengan bahan dasar gula, garam, serta sedikit perwarna makanan berwarna merah. namun sebelumnya bekukan sirup tersebut ke dalam freezer!

  1. Es Cincau

Cincau menjadi makanan sehat yang dapat melancarkan pencernaan. Apabila Anda memiliki tanaman daun cincau di rumh, maka Anda bisa membuat pudding cincau sendiri. sebenarnya es cincau ini hanya bisa dibuat dari cincau hijau, es batu, dan sirup coco pandan saja.

Tapi Anda juga bisa membuat variasinya yakni dengan campuran santan dan gula merah cair. Meski sedikit mirip dengan es dalimun, es cincau ini tidak dilengkapi dengan kolang-kaling!

  1. Es Teler

 

 

Es untuk buka puasa berikut ini adalah sudah diresmikan sebagai minuman asli Sukoharjo. Es teller bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Cara membuat es teller ini juga mudah dengan bahan yang sangat sederhana. Yaitu dengan alpukat, kelapa muda, nangka, dan juga sedikit cincau. Maka Anda sudah bisa membuat es teller nikmat tanpa lupa untuk menambahkan es batu serut dan susu kental manis vanilla agar semakin endesss!!

  1. Es Oyen

Sejatinya es dari Bandung ini memang sedikit mirip dengan es campur pada umumnya. Namun apabila Anda merasakannya lebih lama es ini mempunyai citarasa berbeda dengan es campur. Ada tambahan santan di dalam es oyen ini. selain itu, ada tambahan pacar cina yang tidak akan Anda temukan di es campur. Selebihnya isi es oyen ini mirip dengan es campur yaitu nangka, kelapa muda, dan juga alpukat. Namun tidak ada cincau hitam dan kolang-kaling di dalam es oyen.

  1. Es Kacang Merah

Minuman es sehat dan segar coba rasakan es kacang merah satu ini! Minuman es khas Bangka ini sangat mudah ditemukan. Bahan utamanya adalah kacang merah yang bisa menjadi sumber protein yang sehatt. Anda hanya perlu merendam kacang merah sampai empuk, lalu tambahkan gula, vanili, serta sedkit garam ke dalam kacang merah tersebut. Untuk membuat es kacang merah, maka gunakan santan, susu kental manis, serta sedikit tepung maizena. Sajikan kacang merah dan kuahnya di dalam mangkuk, tambahkan es serut dan susu kental manis cokelat.

Demikian 10 minuman buka puasa segar yang bisa jadi rekomendasi buka puasamu!! Kalau cari meu takjil, boleh lho liat aplikasi Titipku di Playstore!

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

2 thoughts on “10 MINUMAN BUKA PUASA SEGAR PALING FAVORIT! NOMOR 5 SIH IDAMAN BANGET YA!”

Tinggalkan Balasan