10 Oleh-Oleh Makanan Khas Indonesia Paling Populer Diminati Wisatawan

jastip, jasa titip, jasa titip jogja, jasa titip indonesia, open jastip, jastip jogja, jastip solo, jasa titip beli barang, jasa titip semarang, jasa titip beli, jasa titip barang, jasa titip website, jasa titip terpercaya, jasa titip online, jasa titip oleh-oleh, jasa titip oleh-oleh jogja, jasa titip jual, jasa titip harga, jasa titip jual sepatu, jasa titip jual makanan, jasa titip jual sepatu, jasa titip kue, jasa titip makanan, jasa titip murah, titipku, titipku jogja, titipku indonesia, ukm indonesia, umkm indonesia, umkm daerah, umkm jogja, umkm semarang, ukm jogja, bakpia

Titipku.com – Indonesia, negeri kepulauan yang menyimpan berbagai keunikan dari Sabang hingga Merauke. Keunikan-keunikannya tidak hanya dari budayanya saja, namun juga berimbas pada oleh-oleh! Apa saja sih makanan oleh-oleh khas Indonesia yang sering diburu oleh banyak wisatawan?

Dilansir dari lifestyle.sindonews inilah 10 oleh-oleh makanan Indonesia paling populer diminati wisatawan serta survey Litbang Koran Sindo.

Bakpia, Yogyakarta (33%)

Hayooo apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata Bakpia? Yup, satu oleh-oleh khas Kota Yogyakarta. Sebuah kue yang telah bermetamorfosa dan memiliki varian rasa. Tidak hanya kacang hijau, namun bakpia kini telah dibuat dengan rasa-rasa lainnya yaitu cokelat, green tea, keju, ketan hitam, bahkan durian.

Pempek, Palembang (14%)

Pempek adalah kuliner khas dari kota Palembang. Pempek terbuat dari ikan tenggiri, tepung, dan juga bumbu dapur lainnya. Ada bermacam jenis pempek yakni pempek lenjer (berbentuk panjang), pempek kapal selam (dengan isian telur), pempek pastel, pempek adaan, pempek kulit, serta pempek tahu. Makanan ini akan terasa sedap disantap bersama dengan bumbu kuah cuka.

Lumpia, Semarang (12%)

Oleh-oleh makanan khas Indonesia berikutnya adalah Lumpia. Saat berkunjung ke Semarang, maka jangan lupakan satu jenis makanan dari negara China ini. Lumpia berisikan rebung dan daging (ayam dan udang). Rasanya yang gurih dan renyah menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Kota Atlas ini.

Bika Ambon, Medan (10%)

Meskipun ada kata “Ambon” dalam kue lembut ini, nyatanya Bika Ambon bukanlah berasal dari Ambon Maluku. Bika Ambon ini merupakan makanan khas dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini terlihat unik karena warnanya cerah yakni kuning. Sementara permukaannya seperti pori-pori dengan bagian bawah kue yang cukup keras. rasa legit dan tidak begitu manis dan sensasi kenyal akan terasa menggoyang lidah.

Peuyeum, Bandung (8%)

Peuyeum merupakan salah satu makanan khas dari Tatar Pasuundan. Bahan dasar dari Peuyeum ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu yang terbuat dari singkong dan yang satunya terbuat dari beras ketan. Meski terbuat dari bahan yang berbeda, cara pembuatannya hampir sama yakni difermentasikan.

Baruasa, Makassar (4%)

Kue kering khas daerah Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan ini mempunyai bentuk bulat dengan cita rasa gurih. Meski terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti beras, gula pasir, kelapa dan juga telur, namun Baruasa menghasilkan sensasi rasa yang menggugah selera lidah penikmatnya. Camilan ini cocok disantap dikala sedang, santai dan juga kapanpun.

Wingko Babat, Semarang (3%)

Wingko adalah jenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan juga gula. Rasanya khas yakni manis dan gurih. Tentunya membuat para wisatawan tak bisa kembali tanpa membawa camilan ini sebagai oleh-oleh. Kue berbentuk bundar ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-keciil. Cocok juga disajikan bersama dengan the dan kopi hangat.

Dodol, Garut (3%)

Kota yang dikenal dari kerajnan kulitnya ini juga mempunyai ragam olahan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Dodol adalah salah satunya. Rasa manis yang menjadikan banyak orang menyukai camilan satu ini. dodol Garut mempunyai beberapa varian rasa berbeda daripada dodol lainnya. Salah satunya yakni dodol cokelat yang diisi oleh cokelat asli.

Pie Susu, Bali (2%)

Pulau Dewata bukan hal yang asing lagi bukan bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Selain wisata alamnya yang menjadi primadona, salah satu oleh-olehnya juga cukup khas yakni Pie Susu. Hampir mirip dengan Egg Tart dari Hongkong, naming pie susu dari Bali ini mempunyai bentuk yang tipis dan rasa manis.

Getuk, Magelang (2%)

Mungkin bagi yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak asing dengan nama Gethuk. Makanan warna-warni yang terbuat dari singkong. Getuk biasanya disajikan dan dihidangkan dengan parutan buah kelapa di atasnya. Bukan hanya terbuat dari singkong, getuk juga terbuat dari bahan dasar lain yaitu ubi, talas, atau juga pisang. Berdasarkan teksturnya, ada dua jens gethuk yaitu gethuk biasa yang bertekstur kasar dan getuk lindri yang bertekstur lembut.

Butuh pesan oleh-oleh terjadwalkan? Titipku Aja. Titipku adalah platform digital yang mendukung UKM Indonesia, termasuk UKM Oleh-Oleh.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan