11 Pelajaran Bisnis Ini Ternyata Tidak Kita Peroleh Dari Sekolah

pelajaran bisnis jasa titip titipku

Titipku.com – Menjadi seorang pebisnis sukses hampir selalu menghampiri pikiran banyak orang. Bagaimana tidak? Menjadi pebisnis menjaminkan masa depan cerah, keluarga mapan, serta kehidupan mewah yang telah menjadi mimpi menggoda. Tetapi, apakah semuanya itu dapat diraih dengan mudahnya? Mungkin kita bisa menebak bahwa ini tidak pernah menjadi hal yang mudah. Benar?

Faktanya, pelajaran berbisnis dengan sukses tidak pernah dengan nyata kita pelajari di bangku sekolah atau kuliah. Mungkin saja sudah mempelajari banyak teori yang rumit dan detail tentang bisnis, namun kita belum pernah mendapatkan cukup kualitas yang dibutuhkan untuk sukses terjun ke dunia bisnis.s

Nah apa saja 11 pelajaran bisnis tersebut?

#1 Pentingnya untuk Memotivasi Diri Sendiri

Untuk sukses berbisnis, motivasi dan determinasi merupakan hal yang sangat krusial. Membangun sebuah bisnis tidak sama dengan hanya berdagang untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun di sini, mental seseorang telah di uji agar ia mau, mampu, juga konsisten dapat mencapai sesuatu yang lebih besar. Tanpa motivasi kuat, maka bisnis akan stagnan atau Anda akan menyerah dengan mudah manakala menempuh jalannan terjal.

#2 Anda Tidak Akan Kaya Dalam Waktu Singkat

Mimpi menjadi orang kaya dalam bisnis sah-sah aja. Namun Anda harus berpikir dua kali karena tidak akan mudah. Banyak orang berpikir kaya dengan menjadi pebisnis itu nikmat hingga ingin mengejarnya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Faktanya ada jalan panjang yang perlu Anda lalui untuk meraih profit memuaskan yang akhirnya membuat benar-benar menjadi orang kaya.

#3 Menunda Pekerjaan Bisa Menjadi Akhir dari Hidupmu

Menunda adalah musuh besar dari kesuksesan. Bisnis selalu berpacu pada waktu. Jika bisa kelola waktu, maka pekerjaan dan jalan meraih sukses tentu lebih mudah. Sayang, menghilangkan kemalasan dan kebiasaan menunda tidak semudah seperti yang dinasehati dosen. Oleh karenanya butuh tekad kuat dari diri sendiri agar tidak terjebakk dalam kebiasaan menunda pekerjaan.

#4 Menemukan The Dream Team Bukanlah Hal Mudah

Memiliki tim bisnis hebat memang menjadi jalan yang mempermudah bisnis sesorang untuk berkembang dengan baik. Sayang, hal seperti ini memang tidak mudah. Anda harus selektif dan terus belajar dari pengalaman untuk menemukan partner terbaik untuk bisnis Anda.

#5 Kegagalan Bisa Ada di Depan Mata

Suka atau tidak, kesuksesan dan kegagalan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Jika ingin sukses, tidak jarang kita dihadapkan beberapa kali bahkan lebih oleh kegagalan. Bukan hanya Anda, pebbisnis hebat dunia seperti Warren Buffet atau Jack Ma juga sudah kenyang dengan kegagalan.

#6 Mereka di Sekitarmu Bisa Saja Bicara Tiidak Jujur

Bisa jadi orang di sekitar bersikap tidak jujur saat kamu menanyakan pendapat mereka tentang ide atau produk yang kamu miliki. Oleh karena itu, jangan serta merta percaya pada pendapat orang lain. bijaklah dalam mengambil keputusan.

#7 Menjadi Pebisnis Banyak Menghabiskan Waktumu

Menjadi pebisnis tu enak karena punya banyak waktu luang untuk keluarga dan diri sendiri? bisa jadi imajinasi tersebut terlalu inndah. Khususnya di awal perjuangan membangun bisnis waktu Anda aka tersita luar biasa. Bukan hanya untuk keluarga, me time untuk diri sendiri saja kadang sulit.

#8 Akan Ada Banyak Orang Yang Menertawakan Mimpimu

Saat Anda memiliki tekad dan mimpi besar, akan ada banyak orang yang menganggap impian Anda mustahil. Namun kabar baiknya, Anda tidak sendirian dalam hal ini. banyak bukti pebisnis hebat yang mengawali karir dengan dipandang sebelah mata karena dianggap gila dan tidak masuk akal. Akan tetapi berkat kerja keras dan pantang menyerahh, merkea berhasil membuktikan bahwa ide gila mereka bisa menjadi hal luar biasa.

#9 Menjadi Pebisnis, Anda Harus Rendah Hati

Mengembangkan jaringan atau network merupakan hal penting dalam merintis dan mengembangkan sebuah bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai sikap rendah hati agar dapat membaur dengan mudah dengan siapa saja.

#10 Disiplin Memegang Peran Kunci

Sikap disiplin wajib dimiliki oleh siapa saja yang merintis dan mengembangkan bisnis. Point ini berhubungan dengan poin menghilangkan kebiasaan menunda dan malas. Dengan disiplin dan sedikit keras pada diri sendiri, maka ide dan produk bisnis Anda bisa dikembangkan dengan lebih baik lagi.

#11 Jangan Takut untuk Bertindak

Berpikir dan membuat rencana selalu menjadi bagian penting. Akan tetapi kedua hal ini menjadi sia-sia jika Anda tidak segera bertindak dengan cepat dan konsisten. Dalam bisnis, bertindak dengan pacuan waktu lebih penting dari sekedar ide dan rencana.

Bangun bisnis Anda sekarang yuk dengan menjadi pengusaha di Titipku. Bisa? Bisa kok! Download aplikasi Titipku di Playstore! Titipku merupakan platform digital yang mendukung digitalisasi UKM Indonesia! Yuk dukung digitalisasi UKM Indonesia.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan