Dua Olahan Daun Jambu Biji yang Berkhasiat

Titipku.com – Jambu biji memiliki beberapa kandungan yang penting bagi kesehatan dan menyehatkan, seperti mineral dan vitamin. Selain daging buahnya, daun jambu biji juga memiliki manfaat serupa. 

Mungkin beberapa orang belum mengetahui manfaat luar biasa dari daun jambu biji. Daun ini sering digunakan sebagai pengobatan-pengobatan tradisional. Jambu biji merupakan pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah. Daun ini mengandung sifat antioksidan, tannin, sifat anti-infeksi, dan sifat anti-bakteri.

Daun jambu biji bisa diolah menjadi berbagai macam makanan maupun minuman. Misalnya, untuk minuman daun ini bisa diolah menjadi jus. Lalu untuk makanan, daun ini bisa diolah menjadi peyek atau keripik.

Lalu, apa aja manfaat dari jus dan keripik daun jambu biji? Simak yuk!

Jus Daun Jambu Biji

jus dari ekstrak daun jambu biji memang telah terbukti mampu mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri kram menstruasi.

Saat perut mengalami nyeri, para wanita haid diminta mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari. Hasilnya sungguh mengejutkan. Para wanita mengatakan bahwa intensitas nyeri kram mengalami penurunan dan dampaknya jauh lebih kuat ketimbang mengonsumi obat penghilang rasa sakit.

keripik Daun Jambu Biji

Penyajian daun jambu biji diolah menjadi keripik karena keripik adalah makanan ringan digemari banyak orang. Dengan adanya keripik ini, semua umur khususnya anak-anak bisa dengan mudah untuk mengkonsumsi daun jambu biji sebagai pencegah penyakit yang ada di dalam tubuh.

Proses pembuatan keripik daun jambu biji ini sangat mudah dan tidak lama, karena pembuatan keripik ini sama seperti membuat keripik lainnya, hanya saja bahan dasar yang berbeda.

Berikut cara pengolahan keripik daun jambu biji:

Komposisi :
  • Daun jambu biji muda
  • Minyak goreng
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Lada
  • Ketumbar
  • Bawang putih
  • Penyedap rasa
  • Air secukupnya
Cara Pembutan :
  1. Cuci bersih daun jambu biji dengan air mengalir.
  2. Potong menjadi dua bagian, hilangkan batang yang berada di tengah daun.
  3. Haluskan bumbu yang sudah di siapkan seperti ketumbar, bawang putih, lada, garam.
  4. Buat adonan keripik dari tepung terigu yang dicampurkan dengan air sedikit demi sedikit, dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  5. Aduk rata dan campurkan sedikit penyedap rasa kedalam adonan.
  6. Masukkan daun jambu satu per satu ke dalam adonan.
  7. Panaskan minyak goreng, lalu goreng daun jambu yang telah dicampurkan adonan tersebut sampai matang.
  8. Angkat lalu tiriskan.
  9. diamkan sejenak hingga tidak terlalu panas, keripik bisa dinikmati.

 

Bagi kamu yang ingin membuat keripiki daun jambu biji, kamu bisa membeli bahan seperti tepung dan rempah lewat Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja kebutuhan harian yang bersifat hyperlocal, jadi kamu bisa berbelanja di pasar terdekat dari rumahmu lewat aplikasi ini.

Bicara soal aplikasi belanja, tentunya Titipku juga punya promo asik. salah satunya adalah asik potongan harga yang berlaku hingga 14 Maret 2021. mulai dari minyak, gula, daging, popok bayi, dan sembako bisa kamu beli dengan harga korting di sini.

Menarik kan? Yuk unduh aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan