4 Rekomendasi Kerajinan Tangan Yang Bisa Jadi Pundi Rupiah

Titipku – Mungkin saat ini kamu sedang berpikir untuk menambah penghasilanmu dengan mencoba berbagai cara. Ternyata kamu bisa menambah pundi rupiah tanpa perlu bekerja di kantor, alias hanya tinggal di rumah saja.

Kamu bisa menghasilkan tambahan tabungan dengan membuat kerajinan tangan di rumah. Bisa jadi terlihat sepele, tapi bisnis kerajinan tangan ternyata cukup menggiurkan. 

www.womensays.com

Yuk simak inspirasi beberapa macam kerajinan tangan yang mungkin bisa kamu terapkan di rumah melalui Dekoruma.com:

  1. Kerajinan rajut

Kerajinan tangan dari benang wol ini bisa diciptakan menjadi beragam benda yang bermanfaat. Misalnya saja sweater, selimut, syal, dan boneka. Harga jual kerajinan serba rajut ini cukup mahal karena dibuat secara manual dan membutuhkan ketelitian. 

Supaya hasil rajutan ini berkualitas, pilihlah benang wol yang tidak mudah terurai ketika selesai dirajut serta hangat tapi lembut di kulit. Selain itu, rajinlah menyusuri internet untuk mendapatkan ide pola yang menarik.

  1. Buket bunga dari kertas dan kain

Bunga merupakan lambang kasih sayang. Buket bunga laris di pasaran untuk melengkapi momen ulang tahun, wisuda, lamaran, dan sebagainya. Tapi, belakangan ini orang-orang mulai beralih ke bunga palsu. Lantaran harganya lebih murah dan sifatnya awet, tidak seperti bunga asli yang umumnya hanya bertahan satu minggu.

Instagram via @Fiora.id

Fenomena ini bisa dijadikan sumber penghasilan. Misalnya dengan membuat kerajinan tangan berupa buket bunga dari kain flanel atau kertas bekas. Pelajarilah cara membuat aneka jenis bunga dan padukan menjadi satu ikatan. Supaya semakin cantik, lengkapi juga hasil kerajinan ini dengan kertas pembungkus dan pita.

  1. Kerajinan resin

Resin merupakan cairan yang dibuat dari getah pohon kunjung. Warnanya bening dan bisa membeku ketika dijemur di bawah sinar matahari. Sifatnya ini menjadikan resin sebagai material kerajinan tangan yang unik.

Kamu bisa membuat liontin kalung, anting, cincin, hingga gantungan kunci. Cetakan untuk resin sudah tersedia banyak di pasaran, kamu tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Supaya lebih menarik, tambahkan material lain seperti serbuk glitter atau tanaman kering. Kalau mau ditambahkan pewarna juga bisa. Modalnya terjangkau, tapi harga jual kerajinan ini cukup tinggi karena tampilannya cantik.

  1. Kerajinan lilin pengharum ruangan

Dulu, lilin berfungsi sebagai sumber penerangan. Sekarang, lilin mulai dikembangkan sebagai aromaterapi. Nama kerajinan tersebut adalah lilin aromaterapi atau wax sachet. Ciri khas dari kerajinan ini adalah hiasan bunga atau rempah kering. Aroma lilin ini akan mengharumkan ruangan tanpa perlu dibakar dulu.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah bee wax, wadah untuk mencairkan lilin, cetakan lilin, minyak aromaterapi, dan bunga atau rempah kering. Pilihlah cetakan khusus lilin yang bentuknya menarik dan sudah dilengkapi dengan lubang untuk tali.

Setelah meletakkan campuran lilin dan minyak aromaterapi, susunlah bunga atau rempah kering di atasnya. Sesuaikan hiasan dengan wangi lilin, kemudian biarkan hingga membeku. Beberapa hiasan yang sering digunakan untuk kerajinan ini adalah kelopak mawar, lavender, baby breath, kayu manis, dan biji kopi.

Nah itu dia deretan kerajinan tangan yang cukup menjanjikan. Tenang aja, kalau kamu ingin menjual hasil karyamu dan memasarkannya ke seluruh Indonesia, kamu bisa download Aplikasi Titipku.

Aplikasi buatan anak bangsa ini mendukung produk dalam negeri, produk umkm, produk lokal. Kamu bisa mencoba mendaftar!

Di sana kamu juga bisa melihat produk lainnya. Yuk #PakaiProdukLokal ya..

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

3 thoughts on “4 Rekomendasi Kerajinan Tangan Yang Bisa Jadi Pundi Rupiah”

Tinggalkan Balasan