Berikut Daftar 5 Alat Dapur yang Bisa Kedaluwarsa!

kedaluwarsa, kadaluwarsa, kadaluarsa, tanggal kedaluwarsa, tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluwarsa, alat dapur, peralatan dapur dari kayu

Ketika mendengar kata ‘kedaluwarsa’, tentu yang tersirat adalah bahan-bahan makanan. Ya, tiap bahan makanan selalu punya tenggat waktu di mana bahan-bahan itu layak dikonsumsi.

Namun, kita sering luput memahami bahwa tidak hanya bahan makanan saja yang punya potensi kedaluwarsa.

Merujuk pada definisi kedaluwarsa di KBBI, kedaluwarsa menandakan juga bahwa sesuatu sudah lewat jangka waktunya atau terlewat dari batas waktu berlakunya.

Artinya, untuk beberapa alat juga punya tanggal kedaluwarsa untuk menunjukkan masa layak digunakannya alat-alat tersebut.

Tak terkecuali pada alat-alat dapur. Sejumlah alat juga punya masa berlakunya juga loh.

Melansir dari Merdeka, berikut daftar alat-alat dapur yang bisa kedaluwarsa.

Baca Juga: Kisah Mbah Sapini, Pedagang Alat Dapur Pasar Prawirotaman

 

  1. Sendok Kayu

Sendok atau spatula yang terbuat dari kayu dapat mencapai umur 5 tahun. Meski demikian, Moms tetap perlu memperhatikan bentuknya.

Ketika sendok kayu sudah retak, berubah warna, atau timbul bintik-bintik kecil, lebih baik segera ganti sendok tersebut karena bisa ditumbuhi bakteri E. coli.

  1. Spatula Karet atau Plastik

Spatula karet dapat bertahan selama 2 tahun. Tapi gantilah spatula ketika karet atau plastiknya sudah berubah warna, patah, atau meleleh.

Moms tidak mau kan plastik spatulanya leleh dan tercampur dengan makanan yang sedang dimasak? Jika ini terjadi, tentu akan berbahaya bagi kesehatan Moms dan keluarga.

  1. Pisau

Gantilah pisau setiap 2 tahun sekali. Buang pisau ketika permukaannya berkarat dan sudah tidak bisa dibersihkan dengan cara diasah.

Namun, jika masih bisa diasah, Moms tetap bisa memperpanjang usia pisau. Asalkan, Moms rutin mengasahnya. Setidaknya, pisau diasah seminggu sekali.

  1. Wajan Anti Lengket

Wajan dapat bertahan selama 2-3 tahun. Meskipun belum mencapai umur tersebut, jika ditemukan permukaannya kasar, lecet, atau sulit dibersihkan, berarti sudah waktunya diganti.

Agar awet, Moms bisa menggantungnya atau ditumpuk dengan handuk kertas di antara wajan yang lain. Hal ini dilakukan agar lapisan anti lengketnya tidak tergesek dengan alat masak lain saat disimpan. Dan juga, hindari menggunakan spatula besi saat menggunakan wajan anti lengket.

  1. Talenan Plastik

kedaluwarsa, kadaluwarsa, kadaluarsa, tanggal kedaluwarsa, tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluwarsa, alat dapur, peralatan dapur dari kayu, telenan, talenan, telenan plastik

Talenan akan bertahan selama 3 tahun, tapi jika terdapat bekas potongan yang cukup dalam, itu tandanya sudah harus diganti.

Penting juga untuk memiliki talenan terpisah untuk daging, buah-buahan, dan sayuran agar terhindar dari bakteri Salmonella yang kadang tersimpan di sela-sela bekas irisan di talenan.

Baca Juga: Tips Merawat Peralatan Masak #3: Kompor dan Cobek Batu

*****

Jika Moms butuh alat-alat dapur yang baru, Moms bisa membelinya secara online. Untuk belanja bahan pokok juga bisa secara online juga. Kan sudah ada Titipku!

Dengan belanja di Titipku, Moms tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Proses belanja jadi lebih aman dan praktis deh!

Jika Moms tertarik untuk belanja kebutuhan secara online, Moms bisa download aplikasi Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore.

Tinggalkan Balasan