4 Bahan Alami Untuk Membersihkan Dapur

Titipku.com – Kebersihan dapur kerap dianggap sebagai tugas ibu rumah tangga yang cukup memakan waktu dan energi. Terutama apabila Anda dihadapkan pada peralatan dapur yang banyak dan mempunyai kotoran serta lemak yang sulit dibersihkan. Akan tetapi ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu dalam membersihkan beragam peralatan dapur secara efektif. Dengan bantuan bahan-bahan alami ini, aktivitas membersihkan akan lebih mudah dan cepat. Berikut ini lima bahan alami untuk membersihkan dapur kesayangan.

Garam

Related image

Garam bisa kamu gunakan untuk membersihkan lemak dan kotoran yang melekat pada oven yang berlemak. Caranya diam selama beberapa menit agar garam bisa menyerap lemak dan kotoran pada oven secara sempurna Semakin banyak noda yang melekat pada oven. Semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan garam tersebut. Lalu kamu tinggal lap aja sisa-sisa garam dengan kain lap kering.

Air Teh

Teh ternyata tidak hanya untuk bahan minuman yang kaya khasiat. Air teh pekat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada peralatan dapur. Caranya rebuslah satu panci air teh peka untuk merendam peralatan daput yang berkarat. Rendam peraltan dapur selama beberapa jam hingga bagian karatnya mengelupas. Terakhir kamu tinggal membilas peralatan dapur dengan air bersih supaya bisa digunakan kembali.

Cuka

Related image

Aroma cuka kuat bisa membuat kamu tidak menyukainya. Jangan benci dulu, cuka juga bisa digunakan sebagai pembersih peralatan kayu dengan bahan keramik dan stainless steel. Beberapa tetes cuka bisa mengembalikan cangkir porselen yang tertutup oleh noda kopi. Kamu juga bisa membersihkan lemari makan, jendera dapur, dan peralatan dapur lain yang berbahan dasar kaca. Untuk menghilangkan aroma cuka, kamu cukup bilas peralatan yang sudah dibersihkan dengan sabun cuci piring dan air mengalir.

Baking Soda

Related image

Keunggulan membersihkan noda dengan baking soda untuk membersihkan perlatan dapur sudah sangat teruji klinis. Larutan baking sida ampuh membersihkan kerak nasi yang melekat kuat pada dasar panci. Selain itu, baking soda juga bisa mengatasi tumpukan kerak hitam yang biasanya ada pada wajan dan panci.  Nah kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk merendam alat dapur dengan baking soda. Sehingga peralatan dapur akan kembali bersih seperti sedia kala.

Noda dan cairan yang tertinggal ada talenan juga yang bisa dibersihkan dengan baking soda. Taburkan saja baking soda pada seluruh permukaan talenan. Diamkan sesaat sebelum kamu mecucinya seperti biasa. Telanin pasti akan kembali bersih dan bebas bakteri tanpa sisa maanan yang melekat di permukaannya.

Bahan-bahan alami juga tentu sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan dapur dan berbagai peralatan lain. Dapur yang sehat dan bersih tidak hanya istimewa di hidangannya namun juga higienis untuk masakan kamu.

sumber www.sunlight.co.id

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan