5 Bahan Dapur yang Bisa Jadi Parfum Ruangan

Titipku – Siapa bilang bahan-bahan dapur hanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Ternyata beberapa bahan dapur juga bisa diolah menjadi sesuatu yang lain, seperti pengharum ruangan.

Iya! Beberapa bahan dapur yang memiliki wangi menyengat ternyata bisa dimanfaatkan menjadi pengharum ruangan. Parfum ruangan selain menjadikan ruangan wangi, juga bisa meningkatkan mood penghuni ruangannya lho.

parfum ruangan kopi, parfum ruangan stella, parfum ruangan glade, parfum ruangan elektrik, parfum ruangan sereh, parfum ruangan hotel, parfum ruangan aroma sereh, parfum ruangan terbaik, parfum ruangan erha, parfum ruangan tahan lama, parfum ruangan anti nyamuk, parfum ruangan awet, parfum ruangan ac, parfum ruangan aroma, pengharum ruangan alami, parfum ruangan bau kopi, parfum ruangan berbentuk spray termasuk benda, parfum ruangan bayi, pengharum ruangan bath and body works, pewangi ruangan bath and body works, pewangi ruangan body shop, pengharum ruangan ber ac, pengharum ruangan buatan sendiri, pengharum ruangan bioskop,, pengharum ruangan bayfresh, pengharum ruangan camani, pengharum ruangan custom, parfum coffee ruangan, pengharum ruangan calmic, pewangi ruangan calmic, pengharum ruangan cair, pengharum ruangan calmic aroma kopi, pengharum ruangan coklat, pewangi ruangan cair, parfum ruangan dari downy, pengharum ruangan di erha clinic, pewangi ruangan di erha, pengharum ruangan dari downy, pengharum ruangan dengan bubuk kopi, pengharum ruangan dari sabun, pengharum ruangan dari sabun harmony, pengharum ruangan dari downy dan cuka, pengharum ruangan dari kopi, pengharum ruangan dari sabun mandi, pewangi ruangan erha,
Ilustrasi aneka parfum via Freepik.com

Penasaran apa aja sih bahan dapur yang bisa dijadikan parfum? Melansir Tempo.com berikut 5 bahan dapur yang bisa disulap jadi pewangi atau parfum ruangan:

  1. Kayu Manis
Kayu manis via freepik.com

Batang kayu manis dikenal sebagai rempah yang berkhasiat untuk meredakan sakit gigi, meringankan kram menstruasi, hingga mencegah diabetes.

Aromanya yang sedap juga dapat dijadikan pengharum ruangan alami. Caranya dengan memanaskan kayu manis menggunakan tungku aromaterapi, atau dengan meletakkannya di sekitar lilin yang dinyalakan.

Cara lain untuk membuat parfum dari kayu manis adalah dengan merebus batang kayu manis dan biarkan aromanya memenuhi ruangan.

  1. Jeruk atau Lemon

lemon wajah perih, lemon untuk wajah, lemon buat wajah, lemon untuk wajah berjerawat, lemon untuk wajah berminyak, manfaat lemon wajah, lemon untuk wajah kering, manfaat lemon untuk wajah apa, lemon buat wajah jerawat, manfaat lemon bagi wajah, manfaat lemon buat wajah, khasiat lemon buat wajah, lemon untuk cerahkan wajah, manfaat lemon untuk wajah.com, lemon dan wajah, manfaat lemon di wajah, masker wajah lemon dan putih telur, masker wajah lemon dan minyak zaitun, masker wajah lemon dan garam, masker wajah lemon dan lidah buaya, masker wajah lemon dan gula, kegunaan lemon di wajah, lemon untuk flek wajah, manfaat lemon untuk wajah flek hitam, masker lemon untuk wajah glowing, manfaat jeruk lemon wajah, masker lemon wajah, manfaat masker lemon wajah, lemon iritasi wajah, khasiat lemon untuk wajah jerawat, manfaat lemon untuk wajah jerawat, masker lemon untuk wajah jerawat, jeruk lemon wajah, manfaat lemon buat wajah jerawat, lemon kulit wajah, lemon ke wajah perih, lemon untuk wajah kusam, lemon untuk kulit wajah, manfaat lemon ke wajah, lemon untuk kecantikan wajah, lemon digosok ke wajah, mengoleskan lemon ke wajah, lemon manfaat wajah, lemon menghaluskan wajah, lemon merawat wajah, lemon mengencangkan wajah, lemon obat wajah, lemon pencerah wajah, lemon pembersih wajah, wajah rrq lemon, lemon untuk wajah sensitif, menggunakan lemon untuk wajah setiap hari, manfaat lemon untuk wajah sensitif, manfaat lemon untuk wajah setiap hari, penggunaan lemon pada wajah setiap hari, es batu lemon untuk wajah, lemon tuk wajah, manfaat jeruk lemon untuk wajah, manfaat lemon u wajah, manfaat jeruk lemon u wajah, manfaat lemon untuk wajah yang berjerawat,

Bahan dapur sejenis jeruk seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk sitrus dikenal cukup ampuh menghilangkan berbagai bau-bauan tidak sedap.

Untuk membuatnya jadi pengharum ruangan, kamu hanya membutuhkan sedikit alkohol, air, dan botol spray.

Caranya, iris lemon, jeruk nipis, dan jeruk sitrus secara melintang. Setelah itu, rendam dalam larutan alkohol dan biarkan rendaman ini minimal semalam.

Jika ingin digunakan, tuang larutan ke dalam botol spray lalu campur dengan sedikit air.

  1. Serai
manfaat serai, manfaat serai untuk kecantikan,manfaat serai untuk kulit,lemongrass
Instagram via @bareendssoaps

Serai biasanya digunakan untuk memasak makanan yang mengandung daging atau berkuah. Aromanya dipercaya menambah sedap masakan dan mampu menetralisir aroma amis daging.

Selain melezatkan masakan, serai juga dapat diolah menjadi minuman yang menjaga kesehatan pankreas.

Aroma batang serai yang cukup kuat dapat dijadikan pengharum ruangan alami dengan cara mengeringkannya batang dan daunnya, lalu rendam dalam air.

Airnya dapat Anda semprot-semprot di ruang tamu untuk menambah kesegaran ruangan.

  1. Vanili

Aroma vanili tidak hanya menggugah selera makan, tapi juga bisa menenangkan pikiran.

Untuk mengharumkan ruangan secara alami, kamu bisa merebus air berisi penguat aroma vanili atau menuangnya di atas tungku aromaterapi yang sudah dipanaskan.

Eits gak usah pusing buat bikin sendiri beberapa parfum ruangan dari bahan dapur di atas. Ada aplikasi Titipku yang bisa kamu coba untuk membeli produk-produk parfum yang dibuat oleh UMKM Indonesia.

Tentu saja beberapa produk parfum dalam aplikasi Titipku juga menghadirkan pengharum ruangan alami dari bahan-bahan dapur di atas.

Yuk coba beli produk UMKM Indonesia lewat Titipku.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan