Gunakan 5 Bahan Ini untuk Hilangkan Bau Amis Ikan

Ikan sangatlah bermanfaat jika dikonsumsi secara rutin. Ikan kaya akan protein dan omega 3 yang berfungsi baik untuk kesehatan tubuh dan kecerdasan otak. Banyak di antara kita yang menyukai ikan, tetapi ada juga yang tidak suka karena bau amis ikan.

Demi menghasilkan olahan ikan yang sedap dan lezat, proses membersihkan ikan harus dilakukan dengan baik hingga menghilangkan bau amisnya. Salah satu cara mudah menghilangkan bau amis pada ikan adalah dengan mengucurkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Tapi tahukah kamu, ada bahan dapur lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan loh.

Dilansir dari Hypermart.co.id, yuk simak bahan-bahan alternatif untuk menghilangkan amis pada ikan:

  • Cuka

Siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Jika tidak, cukup oleskan saja cuka ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

  • Mentimun

Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Caranya: balurkan parutan mentimun secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

  • Jahe

Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Kamu bisa menggunakan jahe yang dihaluskan atau diparut. Balurkan jahe tersebut ke ikan, tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

  • Garam

Cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan diolah tidak menggunakan garam yang terlalu banyak. Hal ini dilakukan agar ikan tidak keasinan.

Baca Juga:  Titipku Layani Belanja Online di Fresh Market PIK

  • Asam Jawa

Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Jika di rumah ada daun serai, maka bisa potong kecil-kecil dan balurkan ke ikan bersama asam jawa.

*****

Rempah dan bumbu yang bisa menghilangkan bau amis ikan di atas cenderung mudah ditemukan loh di pasar tradisional. Atau, kamu bisa belanja produk di atas lewat Titipku. Belanjanya cukup dari rumah, dapat promo juga. Salah satu promo yang sedang berjalan adalah Diskon 30% (Maksimal diskon Rp50.000).

Tertarik? Yuk download aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan