5 Cara Identifikasi Tingkat Kesegaran Ikan

ikan, kesegaran ikan, tingkat kesegaran ikan, warna daging, mata ikan, aroma ikan, bau ikan

ikan, kesegaran ikan, tingkat kesegaran ikan, warna daging, mata ikan, aroma ikan, bau ikan

Saat kita ke bagian ikan di pasar, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam jenis ikan. Terkadang kita tertarik untuk membeli beberapa jenis iklan, namun terkadang lupa melihat kualitas kesegaran ikan. Mungkin tidak lupa, tapi memang beberapa dari kita tidak punya keahlian dalam memilih kualitas ikan yang baik.

Oleh karenanya, info kali ini akan membuat Anda pintar dalam memilih dan menilai tingkat kesegaran ikan yang dijual di pasar. Berikut beberapa tips untuk mengetahui kondisi kesegaran ikan dilansir dari Health.grid.id:

  • Bau Ikan

Bau yang berasal dari ikan segar tidak terasa aneh atau mengganggu indra penciuman. Sedangkan, bau ikan tidak segar biasanya sangat amis dan menyengat. Jika ikan sudah sangat lama, yang keluar adalah aroma busuk yang membuat perut mual. Oleh karenanya, saat memilih ikan, angkatlah ikan tersebut dan ciumlah aromanya. Tak perlu menghirup aromanya dalam-dalam. Sebentar saja dan pasti Anda bisa merasakan perbedaannya.

  • Mata Ikan

Mata ikan yang segar akan tampak cerah, jernih, dan segar. Permukaan matanya pun akan terasa menonjol dan kenyal saat diraba. Sementara, mata ikan yang tampak mengerut, keruh, dan cekung serta berwarna kemerahan merupakan ciri-ciri ikan tidak segar dan tidak layak dikonsumsi. Mata ikan yang cekung biasanya karena ikan mengalami dehidrasi, di mana ia lebih banyak berada di atas permukaan es daripada di air saat kita membelinya.

  • Warna Ikan

Beberapa jenis ikan memiliki warna daging putih terang, tetapi ada pula jenis ikan dengan warna yang berbeda. Namun, pastikan apa pun jenis ikan yang dipilih memiliki warna cerah, segar, dan tidak kusam. Ciri-ciri ikan segar warna kulitnya tampak mengkilap, terang, dan tampak sehat. Sisik ikan pun masih menempel dengan kuat pada badan ikan dan tidak mudah lepas saat ditarik. Sebaliknya, ikan tidak segar biasanya memiliki warna kulit yang tampak kusam. Selain itu, sisik ikan mudah terlepas saat ditarik.

  • Daging Ikan

Biasanya ciri-ciri ikan segar memiliki tekstur yang lembut tetapi cukup kenyal dan kencang. Seluruh dagingnya pun tampak menempel kuat pada tulang. Kita dapat mengecek ikan segar atau tidak melalui tekstur dagingnya dengan cara menekan bagian perut ikan menggunakan jari telunjuk. Apabila bentuknya kembali seperti semula maka tandanya ikan masih segar. Jika kempes atau bentuk tidak kembali, maka berarti ikan tersebut tidak segar dan tidak layak dikonsumsi. Ciri ikan tidak segar juga memiliki warna yang kusam serta teksturnya pun menjadi lebih lunak.

  • Insang Ikan

Kita bisa memeriksanya dengan cara mengangkat penutup insang yang terletak di sisi kepala ikan. Ciri-ciri ikan segar memiliki insang berwarna merah yang tampak segar dan bersih serta teksturnya basah. Semakin merah warna insangnya maka semakin baik kualitas ikan tersebut. Insang yang berwarna kecokelatan atau keabuan serta tampak kering menandakan bahwa ikan tidak segar sehingga tidak layak dikonsumsi.

*****

Itulah sejumlah tips untuk menilai tingkat kesegaran ikan. Anda bisa menghapalkan tips-tips berikut ini jika ingin berbelanja ikan langsung di pasar. Atau, MinTip kasih tahu cara mudahnya: Belanja #DariRumah pakai Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja online untuk produk-prouk yang tersedia di pasar. Lewat Titipku, Anda tinggal pesan produknya, bayar secara cashless, lalu sudah deh, Anda tinggal duduk manis menunggu Jatiper datang mengantarkan pesanan. Nah, Jatiper ini sudah biasa membelikan produk pesanan Bunda yang lain, jadi kalau hanya dititipi ikan mah pasti bisa memilihkan yang kualitasnya baik dan segar.

Yuk download dan belanja pakai Titipku.

Tinggalkan Balasan