5 Cara Simpan Beras Agar Terbebas dari Kutu

Titipku – Beras merupakan salah satu sembako yang wajib memenuhi isi dapur. Sebagai orang Indonesia, tak lengkap rasanya menyantap makanan tanpa nasi karena nasi sudah menjadi bahan pokok masyarakat Indonesia. Namun dalam menyimpan beras ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu cara penyimpanan beras. Jika tak disimpan dengan baik maka beras akan menjadi tidak enak dan berkutu. Cek juga cara memilih beras yang baik disini.

Penyimpanan Beras

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menyimpan beras secara aman dan bebas kutu:

  • Taruh daun salam atau cengkeh di beras

Memasukkan daun salam atau cengkeh ke beras adalah salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan kutu. Cengkeh juga diketahui efektif untuk melawan serangga yang ada di sekitar rak lemari dan area dapur. Jika tidak mempunyai daun salam atau cengkeh, kamu bisa membelinya disini.

  • Gunakan wadah penutup yang rapat

Wadah yang lembap dan tidak kedap udara dapat menarik kutu maupun serangga untuk masuk ke dalam beras. Maka itu, begitu sampai rumah, segera pindahkan beras dari karung ke wadah yang kering dan kedap udara. Entah di toples besar atau tempat penyimpanan beras khusus.

  • Gunakan wadah yang bersih dan kering

Siapkan wadah yang akan digunakan dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus memastikan tempat penyimpanan beras yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan kering. Selain itu, membersihkan tempat beras secara berkala pun penting, sebab sisa beras yang tersisa apalagi jika tempatnya itu lembab bisa menjadi pemicu timbulnya kutu dan bau apek. Cek juga cara mencuci beras disini.

  • Tambahkan bubuk kopi

Tambahkan sedikit bubuk kopi yang dibungkus plastik kemudian plastiknya dilubangi sedikit saja. Aroma kopi sangat tidak disukai oleh kutu beras. Selain bubuk kopi, kita juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah dan daun jeruk purut ke tempat penyimpanan beras.

  • Jaga suhu

Jaga suhu tempat penyimpanan. Jangan terlalu panas ataupun terlalu dingin (lembap). Suhu yang tidak stabil bisa menjadi pemicu timbulnya bau apek maupun serangga pada beras. Hasilnya, walaupun masih layak dikonsumsi, bau yang ditimbulkan terkadang akan bisa mengurangi selera makan.

#DIRUMAHAJA

Kalau kamu ingin beli sembako secara online melalui aplikasi Titipku. Titipku menggandeng UMKM Indonesia untuk dapat berjualan secara online. Sehingga memudahkan pembeli untuk melakukan pembelian dan transaksi. Terlebih dalam pandemi COVID-19 masyarakat Indonesia diharapkan untuk #DiRumahAja. Sehingga belanja dapat dilakukan secara online #DariRumah menggunakan aplikasi Titipku.

Titipku  menyediakan berbagai produk UMKM yang mudah kamu temukan di sekeliling lokasi tempat tinggal kamu. Segera pesan sembako sebelum kehabisan! Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku. Sembako yang dijual merupakan produksi UMKM lho!

—–  Dengan membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis Anda telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan