5 Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Titipku.com – Pergeseran tren berbelanja dari belanja konvensional kini berubah menjadi belanja online. Hal ini ditilik dari semakin mudahnya akses internet yang menjadi lokasi belanja online untuk belanja tanpa batas.

Dengan berbekal koputer dan smartphone, setiap orang sudah bisa menjelajah tempat belanja online lalu memilih barang. Dengan bertransaksi tanpa harus melakukan perjalanana jauh, dan tanpa harus meninggalkan tempat duduk yang nyaman, tanpa harus datang ke toko penjual, tanpa harus berdesakan, tanpa antri atau macet dalam perjalanan. Semua kemudahan dan kenyamanan ini yang menjadi penawaran tempat belanja online banyak berkembang dengan pesat.

Akan tetapi dampaknya ternyata tidak selalu baik. karena ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memnfaatkan kelengahan dari pembeli online shopping.

Untuk itu, berikut ini adalah 10 Tips Aman Belanja Agar Tidak Tertipu

  1. Website atau Situs Terpercaya

Sebelum berbelanja Online ada baiknya yang pertama harus Anda cermati adalah website atau situs tempat Anda berbelanja. Online Shopping yang terpercaya adalah mereka yang emmpunyai situs dengan domain sendiri bukan situs gratis.

Contohnya adalah Titipku. www.titipku.com adalah domain sendiri yang artinya pengelola online shopping memang serius melakukan bisnis. Jika domain menggunakan domain gratisan maka ini menandakkan bahwa pengelola situss kurang serius mengelola dagangan. Dan berindikasi penipuan.

  1. Lakukan Riset Mengenai Online Shopping atau Kredibilitas Penjual

Jika Anda baru pertama kali mendengar kata online shopping, maka tempat Anda akan berbelanja atau Anda kurang Familiar. Ada baiknya Anda juga melakukan riset terlebih dahuu sebelum melanjutkan transaksi. Lihat ulasan dari para konsumen yang bisa Anda lakukan di internet. Nah jika menurut Anda negative, maka sebaiknya tidak lanjutkan transaksi.

  1. Hubungi Contact Person apabila Online Shopping Anda adalah personal

Biasanya online shopping personal banyak bertebaran di jejaring sosial. Apabila Anda tertarik maka jangan langsung transaksi. Ada baiknya Anda mengikuti langkah kedua di atas atau hubungi kontak person yang bersangkutan. Minta data personal penjual. Pastikan juga kredibilitas penjual melalui akun jejaring sosial dan ulasan konsumen yang sudah bertransaksi.

  1. Hindari Harga yang terlalu miring

Anda juga jangan begitu saja tergiur dengan harga yang begitu miring. Tidak ada penjual yang mau rugi. Anda harus waspada kemungkinan besar harga yang terlalu miring adalah kedok penipuan. Misalnya harga Smartphone yang seharusnya Rp. 7 juta menjadi Rp. 2 juta.

  1. Testimonial

Testimonial atau Komentar dari para konsumen juga sangat mempengaruhi. Inilah kesana tahu kesaksian para konsumen yang telah bertransaksi. Maka sebaiknya Anda perlu perhatikan dengan detail pemesanan barang.

Nah kalau mau belanja online aman dan nyaman, Anda bisa transaksi melalui Titipku! Yuk jalani kemudahan dan keamanannya melalui aplikasi Titipku di Playstore.

Alur Transaksi Titipku jastip jasa titip jasa titip jogja jasa titip indonesia open jastip
Alur Transaksi Titipku

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan