5 Tips Biar Bolu Kukus Moms Ngembang Sempurna

bolu, bolu kukus, bolu kukus mengembang, cara membuat bolu kukus, bolu kukus mengembang, cara agar bolu kukus mengembang, resep bolu kukus

bolu, bolu kukus, bolu kukus mengembang, cara membuat bolu kukus, bolu kukus mengembang, cara agar bolu kukus mengembang, resep bolu kukus

Salah satu mimpi buruk bagi pecinta bolu kukus adalah bolu yang tidak mengembang sempurna. Akibatnya, bolu menjadi terasa bantat dengan bentuk yang tidak mekar merekah dengan cantik. Bolu yang bantat juga bisa berpengaruh ke rasa juga loh.

Kalau bolu kukus sudah gagal mengembang, tentu bolu tersebut tidak layak jual. Anggota keluarga yang harus menghabiskan bolu gagal tersebut juga pasti akan jenuh lama kelamaan.

Untuk itu, Anda perlu mencari cara agar saat membuat bolu kukus lagi, adonan bisa mengembang dengan sempurna.

Melansir dari IDN, berikut adalah 5 tips yang bisa diterapkan agar bolu kukus mengembang sempurna.

Baca Juga: Aneka Macam Olahan Nangka yang Pasti Kamu Suka

 

  1. Hindari melakukan modifikasi resep

Ada banyak variasi bolu kukus yang bisa Anda temukan di internet maupun buku resep masak. Meski ada banyak resep dan modifikasi, usahakan resep apa pun yang dipilih jangan pernah diubah. Kadang kita nakal ingin mengubah resep sesuka hati atau tidak menggunakan takaran yang disarankan karena tidak punya alat mengukur.

Mengganti resep seperti mengurangi takaran, mengganti bahan, bahkan melewati beberapa langkah hanya membuat bolu menjadi bantat dan gagal. Usahakan menakar dengan presisi dan memperhatikan bahan yang digunakan. Ikuti pula langkah membuat bolu dengan seksama.

  1. Panaskan cetakan bolu kukus terlebih dahulu

Bolu kukus punya cetakan khusus dengan ciri banyak lubang di sekelilingnya. Lubang-lubang tersebut berfungsi untuk membantu bolu matang dengan merata.

Nah, ada tips nih terkait cetakan bolu kukus. Anda perlu memanaskan terlebih dahulu cetakan bolu selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, Anda baru bisa memasukkan paper cup atau kertas roti ke dalam cetakan.

  1. Tuang adonan secara penuh ke dalam cetakan

Siapa sangka bahwa takaran adonan yang dituang ke dalam cetakan berpengaruh besar terhadap mekar atau tidaknya bolu kukus. Banyak yang mengira bila mengisi adonan dengan takaran setengah atau seperempat cetakan akan memberi ruang bolu mekar. Padahal, hal tersebut justru membuat bolu jadi gagal merekah dengan sempurna. Pastikan menuang adonan dengan takaran yang pas ya.

  1. Sebelum mamasukkan adonan, panaskan panci berisi air hingga mendidih

Penyebab bolu kukus menjadi bantat bisa jadi dikarenakan karena Anda memasukkan adonan ke dalam panci yang airnya belum mendidih. Selain menjadi bantat, proses memasak bolu juga jauh lebih lama.

Selain itu, pastikan juga jumlah air yang kamu letakkan di dalam panci tidak terlalu banyak atau menempel pada tatakan saringan. Letupan air yang mendidih berpotensi mengenai bagian bawah cetakan bolu, sehingga membuatnya semakin bantat.

Jangan lupa untuk melapisi tutup panci dengan kain lap bersih. Ini bertujuan agar tetesan uap air tidak mengenai bolu kukus dan merusak penampilannya.

  1. Jangan meletakkan terlalu banyak cetakan

Usahakan untuk meletakkan beberapa cetakan saja ke dalam panci. Cukup 4-6 cetakan saja di dalam panci. Hindari untuk mengisi panci dengan banyak cetakan adonan.

Selain itu, hindari menggunakan panci bertingkat ya. Panci kukusan bertingkat hanya akan membuat bolu kukus susah mengembang dengan sempurna. Selain itu, jangan pula terlalu sering membuka tutup panci saat mengukus bolu. Lakukan sesekali saja tiap 15 menit untuk mengecek apakah bolu sudah matang atau belum.

Baca Juga: 7 Jajanan Pasar Terlaris di Aplikasi Titipku

*****

Itulah 5 tips yang bisa menyelamatkan bolu kukus Anda dari kegagalan. Anda bisa cetak artikel ini dan tempelkan di dapur agar selalu ingat. Karena, sangat disayangkan jika banyak bahan terbuang hanya karena Anda gagal membuat bolu.

Nah, bicara soal bahan membuat bolu kukus, Anda bisa membelinya dari rumah pakai Titipku loh. Di Titipku ini, selain belanjanya praktis, juga ada segudang promo menarik yang bisa digunakan.

Tunggu apa lagi. Ayo download Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore sekarang.

Tinggalkan Balasan