5 Tips Cara Merawat Batik agar Tak Cepat Pudar

Titipku- Batik, ya! Siapa sih yang tidak kenal batik. Kain khas Indonesia ini sudah mendunia loh. Bahkan batik menjadi populer di kalangan artis luar negeri.

Dahulu batik dikenal sebagai pakaian kuno dan dipakai saat acara tertentu. Namun seiring perkembangan fashion, batik kini menjadi fashion style yang bisa diaplikasikan dalam berbagai model.

Batik, Via Instagram batik_maheswara

Bahkan batik juga sudah mulai disukai kaum millenial loh.

Kamu punya batik? Apakah kamu tahu bahwa kain batik ini tidak bisa sembarangan dalam merawatnya. Alih-alih nantinya batik kamu tidak awet dan cepat pudar.

Nah untuk merawat batik berikut dirangkum melalui Cosmopolitas.com 5 tips merawat batik:

1.Cuci dengan Tangan

Saat pertama kali dicuci, usahakan cuci dengan menggunakan tangan. Ini berfungsi untuk menghindari warna batik jadi luntur atau mengalami kerusakan.

2.Rendam Air Hangat

Jika pada pakaian batik kamu ada bekas noda yang tidak terlalu serius, kamu cukup rendam dengan air hangat tanpa harus mencucinya. Secara otomatis noda tersebut akan hilang sendirinya.

3.Pengaturan saat Mencuci dengan Mesin Cuci

Gunakan putaran normal dengan mesin cuci saat mencuci baju batik. Namun, untuk jenis batik tulis dan batik cap, alangkah baiknya agar dilakukan secara manual menggunakan tangan.

4.Cuci secara Terpisah

Pisahkan baju batik dengan baju berbahan dasar lainnya. Ini berguna untuk menghindari warna batik jadi luntur akibat terkontaminasi dari baju lainnya. Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengelompokkan batik yang sewarna dalam satu wadah.

5.Sabun Cuci untuk Batik

Hindari menggunakan deterjen, karena zat kimia yang kuat akan merusak dan membuat warna batik cepat memudar. Lebih baik gunakan sampo karena kandungan kimianya lebih ringan dan membuat batik jadi lebih lembut.

Fashion batik ini bisa kamu beli melalui UMKM di seluruh Indonesia loh. Tentu saja setiap daerah memiliki batik dengan ciri khasnya masing-masing.

Nah kalau kamu penasaran seperti apa fashion batik di setiap pelosok Indonesia, kamu bisa berbelanja batik melalui aplikasi Titipku. Titipku akan membawa kamu menjelajah produk-produk di setiap pelosok Indonesia.

Yuk Cobain! Download disini.

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan