5 Tips Gunakan THR dengan Bijak

tips gunakan thr dengan bijak, cara menggunakan thr dengan bijak, agar uang thr tetap ada, cara agar uang thr tidak cepat habis

Titipku – Setelah dapat THR, kamu mulai memikirkan barang-barang impian yang sudah kamu impikan. Baju baru, celana baru pokoknya segala sesuatu yang baru. Tapi dengan pola pikir yang demikian, maka uang THR kamu akan ludes dalam waktu singkat dan penggunanya tidak bermanfaat. Jadi saat menerima THR kamu harus tahu 5 cara bijak dalam memakai uang THR.

 

tips gunakan thr dengan bijak, cara menggunakan thr dengan bijak, agar uang thr tetap ada, cara agar uang thr tidak cepat habis

Prioritaskan untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, Tunjangan Hari Raya maka uang ini memang ditujukan untuk Hari Raya. Jadi prioritasnya penggunaan keperluan Lebaran, seperti membeli tiket musik, baju baru dan menyiapkan THR untuk saudara-saudara di kampung nanti.

Meski di prioritaskan untuk Hari Raya, bukan berarti kamu bisa habiskan semua uang THR kamu untuk hal ini. Kendalikan pengeluaran dengan bijak, jangan berlebih tapi jangan juga jadi pelit.

Pisahkan Uang untuk Ditabung

Seringkali permasalahan utama yang menghalangi kamu untuk menabung adalah akrena tidak punya uang untuk ditabung. Nah uang THR ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Pisahkan sejumlah uang THR kamu ke dalam rekening kamu. Jangan hanya dipakai untuk kesenangan dan keperluan satu kali aja ya.

Pikirkan masa depanmu nanti. Uang THR sangat berguna buat tabungan kamu jika kamu pandai mengaturnya. Kira-kira sisihkan 10% dari total uang THR untukditabung.

Pakai untuk Bayar Hutang atau Dana Darurat

Apakah kamu punya hutang yang maish belum lunas? Sebaiknya gunakan sejumlah uang THR ini untuk bantu lunasi hutangmu. Punya hutang berlarut hanya akan memberatkan finansialmu. Jadi selagi ada uang tambahan segera alokasikan untuk bayar hutang. Semakin cepat lunas, semakin baik.

Buat kamu yang sudah tidak punya hutang bisa disimpan untuk dana darurat. Keperluan mendadak bisa terjadi kapans aja dan biayanya juga tidak bisa diprediksi. Jadi kamu harus persiapkan dana untuk hal ini dengan baik.

Untuk keperluan bayar hutang atau simpanan dana darurat sisihkan 15% dari THR kamu.

Sisihkan untuk Investasi

Sebaiknya, uang THR tidak kamu gunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Tapi untuk pemakaian jangka panjang. Karena jika kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari, kemungkinan besar malah jadi boros.

Jadi lebih baik sisihkan untuk modal investasi. Nah kamu jugabisa menambah uang THR mu dengan bertransaksi di Titipku.

Berbagilah dengan yang Membutuhkan

Setelah kamu mendapat uang THR, saatnya kamu salurkan ke orang lain yang membutuhkan. Bukalah mata dan lihat orang sekitar. Ada anyak orang butuh uang. Dengan berbagi, kamu akan merasakan betapa bahagianya hidup ini karena uang bisa terpakai untuk hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Jadi Bijak, Biar Nggak Boros

Atur pemakaian keuangan THR sangat penting. Kamu harus bijak menentukan mana yang harus kamu lakukan dan jadikan pengeluaran terbesar dan pembagian pengeluaran lainnya. Besikap dan bertindak bijak akan menghindarkan diri dari sifat boros

Pakailah uang THR untuk hal-hal yang berguna. Kamu boleh saja belanja, tapi belanja di Aplikasi Titipku dengan membeli produk UMKM tidak menjadikanmu boros kok. Kok bisa?Bisa dong

Karena setiap transaksi yang kamu lakukan kamu akan mendapatkan voucher saham dari Titipku. Voucher saham ini adalah investasi untuk kamu, di kemudian hari bisa kamu tukarkan dengan saham kepemilikan Titipku.

Yuk, Jadi Bijak Jangan Boros ya:)

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan