7 Bagian Buah & Sayur yang Sering Dibuang Padahal Bermanfaat

bagian makanan, bagian tanaman, bagian tumbuhan, bagian sayuran, bagian buah

bagian makanan, bagian tanaman, bagian tumbuhan,

Hai Moms, ngerasa nggak sih kalau kita hanya menggunakan bagian tertentu pada buah dan sayuran untuk kita konsumsi. Misalnya saja saat mengolah beetroot, kita hanya menggunakan umbi/buahnya, sementara daunnya dibuang. Padahal ada beberapa bagian buah atau sayur yang biasa dibuang sebenarnya bermanfaat loh.

Kira-kira, apa saja bagian buah dan sayur yang bermanfaat itu? Simak informasi dari idntimes.com berikut ini yuk:

 

  • Batang Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang dipenuhi dengan berbagai nutrisi esensial untuk tubuh. Sayangnya, saat memasak brokoli, kebanyakan orang membuang begitu saja bagian batangnya. Padahal, batang brokoli juga tinggi nutrisi.

Batang brokoli kaya akan antioksidan dan serat. Untuk mengolah batang brokoli, terlebih dahulu kupas kulit terluarnya yang keras. Setelah itu, Anda bisa mengiris tipis batang brokoli dan menggunakannya dalam tumisan.

  • Inti Buah Nanas

Bagian inti nanas memiliki tekstur yang sedikit lebih keras dan tidak semenarik bagian buahnya yang berdaging. Namun, bukan berarti inti nanas tidak bisa dimakan. Bahkan, bagian inti nanas juga menawarkan nutrisi yang sama seperti daging buahnya. Inti nanas dapat dimakan begitu saja. Selain itu, Anda juga bisa memotong dan menambahkannya ke salad, saus salsa, smoothie, atau tambahkan ke air teh untuk menambah rasa.

  • Bagian Putih Semangka

Bagian putih semangka biasanya dibuang begitu saja. Padahal, bagian ini menawarkan nutrisi yang kuat. Alih-alih membuangnya, Anda bisa memotong bagian putih ini dan menggunakannya dalam masakan, smoothie, atau sup.

Bagian ini mengandung asam amino sitrulin, yang diubah menjadi arginina dan membantu meningkatkan aliran darah, kesehatan jantung, kekebalan tubuh, meningkatkan libido, dan mengurangi kelelahan otot. Selain itu, kandungan vitamin C dan B6 pada bagian putih semangka juga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Bagian Atas Wortel

Saat memasak wortel, biasanya bagian atas yang keras dan kehijauan ini akan langsung dibuang. Rupanya, bagian ini aman dimakan loh. Bagian kehijauan pada atas wortel memiliki vitamin A, dengan jumlah enam kali lipat dibandingkan akar wortel. Anda bisa menghaluskan bagian ini dalam food processor dengan sedikit minyak, keju, dan kacang untuk pesto yang enak atau gunakan dalam salad biji-bijian. Jika Anda merasa terganggu dengan rasa pahit dan astringen bagian atas wortel ini, pertimbangkan untuk merebus bagian atas wortel untuk kaldu sup.

  • Daun Bit

Semua bagian bit bisa dimakan, termasuk bagian daunnya yang biasanya dibuang. Daun bit memiliki rasa yang mirip lobak Swiss. Daun kaya akan vitamin K, A, dan C, serta mengandung fitonutrien yang bermanfaat bagi penglihatan. Daun bit paling cocok ditumis dengan sayuran hijau lainnya dengan tambahan sedikit bawang putih dan minyak zaitun untuk memperkaya rasa.

  • Kulit Kiwi

Kulit kiwi yang berbulu mungkin membuat geli. Padahal, kulit ini sebenarnya bisa dimakan dan bahkan sangat bagus untuk tubuh. Kulit kiwi mengandung banyak vitamin C dan serat yang lebih tinggi daripada buah lainnya, sehingga sayang rasanya jika bagian penuh gizi ini justru terbuang sia-sia. Jika Anda geli dengan tekstur kulit kiwi yang berbulu, masukkan saja bagian ini ke dalam smoothie untuk menutupi rasa kulitnya.

  • Kulit Pisang

Hampir setiap orang akan membuang kulitnya saat memakan buah pisang. Padahal, kulit pisang bukan hanya bisa dimakan, tetapi juga kaya nutrisi. Kulit pisang mengandung kalium, serat, lemak tak jenuh ganda, dan asam amino esensial.

Pilihlah pisang yang sudah matang. Sebab, pisang yang matang memiliki kulit yang lebih lembut, lebih tipis, dan lebih enak. Anda bisa memasak atau merebusnya selama 10 menit untuk melunakkannya. Atau, tambahkan ke dalam smoothie, tumis, atau sup.

*****

Gimana? Masih mau buang-buang bagian buah dan sayur yang bermanfaat? Kalau mau mulai coba memanfaatkan bagian yang biasanya dibuang, Anda tinggal membeli buah dan sayur di atas dari rumah pakai Titipku. Selain proses belanja yang bisa dilakukan #DariRumah, Anda juga bisa memberi catatan untuk tiap produk yang dibeli, seperti memilih pisang yang matang. Nanti Jatiper akan membelanjakan sesuai catatan Anda. Keren kan? Yuk download dan mulai belanja aman pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan