7 Jenis Durian yang Digemari: Nomor 1 Pasti Suka!

durian pelangi, pelangi, durian, king of fruit, jenis durian, jenis-jenis durian, durian montong, montong, durian musang king, musang king, durian duri hitam, duri hitam, durian merah banyuwangi, merah banyuwangi, durian petruk, petruk, durian bawor, bawor

durian pelangi, pelangi, durian, king of fruit, jenis durian, jenis-jenis durian, durian montong, montong, durian musang king, musang king, durian duri hitam, duri hitam, durian merah banyuwangi, merah banyuwangi, durian petruk, petruk, durian bawor, bawor

Pecinta durian, mana suaranya? Durian memang menjadi buah yang susah dibuka dan punya bau yang tidak sedap. Meski demikian, sebagian orang menggemari rasa manis dari buah ini. Ibaratnya: durian seperti teman Anda yang punya bau tidak sedap tapi Anda tidak mempermasalahkannya karena dia punya kepribadian yang baik. Nah, layaknya buah lain, durian juga punya beberapa jenis. Melansir dari Merdeka, berikut jenis-jenis durian yang kita kenal.

Durian Montong

Durian montong identik dengan buahnya yang berukuran besar dan masa panennya yang cukup cepat. Satu buahnya saja bisa mencapai sekitar 6 hingga 10 killogram. Ditambah lagi dengan dagingnya yang cukup tebal dan rasa manis yang dominan, tak heran jika banyak yang menggemarinya. Jika sudah masuk musim durian, maka durian montong adalah salah satu durian yang wajib Anda beli.

Durian Musang King

Durian musang king merupakan jenis durian asal Malaysia yang banyak diminati di Indonesia. Durian ini memiliki ciri khas bijinya bentuk pipih dan daging buah yang tebal. Rasa durian musang king legit dan manis, meski ada sedikit sensasi pahit. Buahnya akan masak sempurna dengan cara diperam sekitar 2-4 hari. Uniknya lagi, daging durian musang king memiliki warna oranye mirip kunyit.

Durian Duri Hitam

Bagi penonton Upin-Ipin, tentunya sudah tak asing dengan durian duri hitam. Durian Duri Hitam atau Durian Ochee memiliki keunggulan yang unik, yakni tidak lengket saat dipegang. Selain itu, ada kombinasi rasa manis, gurih, lembut, dan sedikit pahit saat dikonsumsi. Bagi yang ingin membudidayakannya, durian duri hitam ini bisa tahan terhadap cuaca kering, serta ramah terhadap semua jenis tanah.

Durian Merah Banyuwangi

Durian merah Banyuwangi memiliki warna daging buah berwarna merah pekat. Selain itu, buah ini terkenal dengan daging buah yang tebal. Karena di Indonesia masih jarang ada yang membudidayakan, harganya pun relatif mahal. Jenis durian ini bisa Anda budidayakan, namun pastikan bibit yang Anda beli asli ya.

Durian Petruk

Jenis durian unggul yang cepat berbuah berikutnya ialah durian petruk asal Jepara, Jawa Tengah. Durian yang satu ini sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah. Produktivitas durian ini relatif tinggi, hampir sebanding dengan durian musang king. Namun, durian ini perlu perawatan ekstra, karena lemah terhadap penyakit dan hama.

Durian Pelangi

Durian pelangi berasal dari Manokwari, Papua Barat. Sesuai dengan namanya, durian yang satu ini memiliki keunikan warna pada daging buahnya. Adanya gradasi warna antara putih, kuning dan merah pada daging buah durian pelangi. Keunggulan lainnya, memiliki cita rasa lezat, ukuran buah yang besar, dan daging yang cukup tebal.

Durian Bawor

Durian bawor berasal dari Banyumas. Ukuran durian ini cukup besar, memiliki daging yang tebal, dan memiliki rasa yang menggiurkan seperti durian montong. Keunggulan lainnya, durian bawor lebih cepat matang. Sayangnya durian jenis ini memiliki ketahanan terhadap serangan hama atau penyakit yang rendah, sehingga dibutuhkan perawatan yang lebih teratur dan tepat.

*****

Nah, kira-kira, mana jenis durian yang paling Anda gemari? Kalau butuh durian, Anda bisa nih pesan di Titipku. Mau beli dari pasar tradisional atau di supermarket, ada. Jangan lupa pakai promonya juga ya supaya belanja jadi makin hemat. Yuk download dan mulai belanja #DariRumah bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan