7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengolah Ikan, Apakah Kamu?

kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah ikan

Titipku.com – Ikan menjadi salah satu makanan wajib orang Indonesia, selain enak, segudang manfaatnya juga banyak untuk tubuh. Sebut saja diantaranya yakni mencegah kolesterol, menjaga kesehatan jantung, juga baik untuk fungsi otak. Dari inilah menjadi alasan kenapa ikan menjadi makanan favorit.

Ikan yang dimasak dengan benar juga bakal enak dimakan. Namun bisa jadi salah dan menyebalkan jika salah dari cara pengolahannya. Biasanya kalau salah pengolahan, rasa amis akan mendominasi. Oleh karena itu jangan sampai salah dalam mengolah ikan. Kenali tujuh kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah ikan, biar masakanmu tidak sia-sia.

  • Tidak mengetahui kualitas ikan yang dibeli

kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah ikan
Instagram via @riyansyah2997

Kesalahan yang sering dilakukan sebelum masak ikan yang utama yakni tidak memilih dengan benar. Lebih baik membeli ikan di tempat orang yang kamu percayai, daripada sembarang orang di pasar. Perhatikan mata ikan tersebut.

Jika matanya terang dan bening, artinya ikan itu masih segar. Ikan segar juga mempunyai bau yang tidak menyengat. Sementara mata yang berwarna gelap kemungkinan besar ikan itu sudah lama mati.

  • Tidak menyimpan dengan benar

Related image

Kalau kamu ingin memasak ikan pada hri itu juga, letakkan ikan di kulkas dan siapkan semua bahannya. Setelah semua siap, keluarkan ikan dari kulkas. Tapi jika kamu ingin memasak besok atau lusa, perhatikan aturan menyimpannya. Kebanyakan orang langsung memasukannya dalam kulkas begitu saja. Nah itu tidak benar. Yang benar, masukkan ikan ke dalam plastik berisi es batu terlebih dahulu barulah masukkan ke dalam kulkas. Cara ini sangat efektif untuk menjaga kesegaran ikan.

  • Tidak sedikit orang yang membeli ikan lele dalam keadaan mati, harusnya masih hidup

Related image

Jika kamu ingin makan ikan lele, pastikan membeli ikan lele dalam keadaan masih hidup bukan mati. Tujuannya agar bisa mendapatkan kesegaran maksimal dengan membeli hidup-hidup. Selanjutnya, bersihkan dengan air dan sabut kelapa agar lendirnya hilang. Jangan lupa diberi jeruk nipis sebelum diolah supaya bau anyirnya hilang.

  • Memasak ikan tuna terlalu matang, sehingga kadar juicy dan protein hilang

Related image

Tuna hampir mempunyai kesamaan dengan ikan salmon. Perbedaannya harga tuna lebih terjangkau. Pastikan tidak terlalu lama memasak karena justru terlalu matang menghilangkan kadar protein. Selain itu juga jangan mencampur bahan lain saat masak tuna karena aromanya akan hilang.

Nah Jangan Lupa Nih Kalau Mau Belanja Ikan Melalui Titipku!

Buat kamu yang ingin belanja ikan, kamu bisa membelinya melalui Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan