7 Tips Atur Keuangan Agar Liburan Kamu Lebih Hemat

Segudang aktivitas yang padat membuat seseorang memerlukan pergi liburan, setidaknya dua kali dalam setahun. Namun salah satu yang menjadi kendala saat berlibur adalah perencanaan keuangan yang kurang matang, sehingga membuat liburan kamu menjadi lebih boros dan tidak punya simpanan lagi untuk liburan berikutnya.

Jika kamu salah satunya, jangan khawatir. Ada beberapa tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan demi perencanaan liburan yang lebih matang. Seperti apa?

  1. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Segala sesuatu terasa lebih mahal jika kamu merencanakan dalam waktu dekat. Mulai dari tiket pesawat, hotel, dan promo travel menarik lainnya. Kamu harus merencanakan perjalananmu jauh-jauh hari agar bisa menghitung bujet yang sesuai dengan kantong. Idealnya, kamu bisa merencanakan liburan satu tahun atau enam bulan sebelum perjalananmu.

  1. Berlibur saat Tidak Terlalu Banyak Orang

Carilah tiket penerbangan atau kereta di mana orang-orang tidak terlalu banyak liburan. Hindari tanggal merah atau long weekend karena di tanggal tersebut akan terasa lebih mahal. Cari tanggal yang aman dan setidaknya tidak terlalu banyak orang agar harga yang kamu dapat jauh lebih murah.

  1. Perhatikan Perubahan Harga Tiket

Terkadang harga tiket dapat berubah-ubah sesuai dengan permintaan dari pelanggan. Bahkan selisih harganya cukup signifikan, bisa lebih mahal atau murah. Kamu harus rajin-rajin mengamati perubahan harga tersebut untuk mendapatkan harga terbaik, terutama jika kamu berencana untuk bepergian ke luar negeri atau ke tempat-tempat yang menjadi tujuan banyak orang.

  1. Jangan Hanya Mencari di Satu Tempat

Kamu berencana untuk pergi ke Paris saja? Coba luaskan lagi pencarianmu. Siapa tahu, kamu bisa dapat harga lebih murah jika memesan tiket penerbangan ke Roma, Barcelona, atau Praha. Dari situ, kamu bisa lanjut pergi ke Paris menggunakan kereta atau bus.

   5. Pilih Alternatif Hotel

Hotel dengan perlengkapan super komplet memang menyenangkan, tetapi biasanya harganya jauh lebih mahal. Daripada kamu menghabiskan biaya untuk menginap di hotel mahal, ada baiknya kamu mencari penginapan yang lebih murah, entah itu hostel, motel, atau guest house.

  1. Usahakan Jangan Banyak Jajan

Saat berlibur ke suatu tempat, memang jajan di pinggir pantai atau restoran mewah yang Instagramable terlihat menyenangkan. Tetapi jika kamu bepergian dengan keluarga atau kerabat, kamu bisa saja menghabiskan kocek lebih untuk makan di sana.

Kamu bisa menghemat dengan cara membeli bahan-bahan makanan di supermarket kemudian memasaknya sendiri. Atau belilah makanan siap saji selain fast food yang membuatmu lebih kenyang.

  1. Kurangi Beli Oleh-oleh

Tak heran, pasti banyak keluarga atau kerabat yang kerap menitip oleh-oleh kepadamu. Kamupun juga ingin membeli cinderamata untuk dirimu sendiri. Namun sayangnya, membeli oleh-oleh membutuhkan bujet ekstra. Jika kamu tidak memiliki bujet cukup, sebaiknya tidak perlu dipaksakan beli oleh-oleh.

Sumber: Kumparan.com

Tinggalkan Balasan