Dari Nanas Sampai Sewa Pacar: Tradisi Imlek Sejumlah Negara

imlek, tahun baru imlek, tahun baru cina, tahun baru tionghoa, tahun baru tiongkok, tahun baru cina, tahun macan air, macan air, tradisi, tradisi imlek, negara, berbagai negara, indonesia, san fransisco, AS, amerika serikat, malaysia, china, korea

Tradisi Imlek sewa pacar? Nggak salah tuh? Bener kok! Tradisi ini memang ada di salah satu negara di dunia.

Tahun Baru Imlek menjadi salah satu hari raya terbesar bagi orang Tiongkok. Tak heran bila hari tersebut selalu dirayakan dengan begitu meriah.

Tak jarang, ada tradisi-tradisi khas Imlek yang ada di berbagai belahan dunia. Tradisi ini muncul salah satunya karena dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan budaya.

Kira-kira, apa saja ya tradisinya? Simak informasi yang dilansir dari Popmama berikut ini yuk!

 

Hadiah Nanas – Malaysia

Secara turun-temurun, masyarakat Tiongkok di Malaysia punya tradisi tukar kado dalam perayaan Imlek. Namun, yang membuat perayaan Imlek di Malaysia menjadi unik adalah isi kadonya, yaitu buah nanas.

Menurut masyarakat Tiongkok, nanas melambangkan sebuah keburuntungan. Jadi, ketika seseorang memberikan nanas maka berharap bahwa tahun baru ini bisa membawa keberuntungan. Selain nanas, mereka juga memberikan manisan sebagai bentuk kebahagiaan.

Sewa Pacar – China

Di China, ada tradisi khas di mana seorang perempuan akan menyewa pacar. Hal ini bukannya tanpa alasan! Pasalnya, dalam perayaan Imlek, anggota keluarga lain akan bertanya perihal pacar ke perempuan.

Maka dari itu, perempuan lajang di China berlomba-lomba menyewa pacar saat Tahun Baru Imlek agar terhindar dari pertanyaan “pacarnya di mana?”.

Karena adanya tradisi ini, di China pun banyak situs-situs yang berisi jasa menyewa pacar. Situs tersebut menawarkan jasa “pacar palsu” selama Tahun Baru China.

Miss Chinatown – San Fransisco AS

Di San Fransisco, Amerika Serikat, Imlek dirayakan lewat Parade Tahun Baru China Southwest Airlines. Parade Tahun Baru Cina Southwest Airlines diisi dengan berbagai penampilan, dari mulai barongsai raksasa, kostum adat Tiongkok, kembang api, dan kompetisi Miss Chinatown.

Di parade inilah semua masyarakat Tiongkok merayakannya serta menentukan Miss Chinatown. Miss Chinatown ini nantinya akan mewakili masyarakat Tiongkok di sana dan menjadi duta yang mempromosikan budaya China.

Tradisi Seollal – Korea

Korea menyebut Hari Raya Imlek dengan nama Seollal atau Tahun Baru Korea. Perayaan ini dilakukan secara meriah. Bahkan, negara sampai membuat hari libur selama 3 hari untuk memberi kesempatan warganya merayakan hari raya tersebut.

Di korea, semua anggota keluarga memakai pakaian adat Korea, yaitu hanbok saat Hari Raya Imlek. Mereka juga mengundang para tamu dan mempersiapkan banyak makanan. Untuk orang dewasa disajikan minuman keras, sedangkan anak-anak akan diberi angpao, kue, dan buah-buahan.

Menerbangkan Burung Pipit – Indonesia

Tradisi melepaskan burung pipit juga biasa disebut dengan Fang Sheng atau melepaskan hewan ke alam bebas. Salah satu kelenteng di Malang, Indonesia melakukan Fang Sheng menggunakan seekor burung pipit.

Masyarakat Tiongkok melepaskan burung pipit karena mereka percaya akan datangnya karma atau balasan kebaikan. Jadi, orang Tiongkok berharap bahwa Tahun Baru Imlek akan membawa kebaikan untuk dirinya dan keluarga. Proses menerbangkan burung pipit dilakukan oleh perwakilan dari kelenteng.

*****

Rupanya banyak banget ya tradisi Imlek yang menarik. Kalau Moms, kira-kira mau merayakan Imlek dengan tradisi yang mana nih? Alangkah baiknya, Moms fokus merayakan dan menjalankan tradisi itu saja. Hari raya tidak perlu dibebani dengan urusan belanja. Soal belanja kebutuhan perayaan bisa dititipkan ke Titipku kok! Jatiper Titipku siap membelanjakan dan mengantarkan semua pesanan kebutuhan Moms. Jangan ragu lagi, ayo download Titipku sekarang!

 

Tinggalkan Balasan