8 Bahan Dapur yang Bisa Mengusir Semut

semut, ant, mengusir semut, semut di dapur

semut, ant, mengusir semut, semut di dapur

Sering jengkel karena di rumah ada banyak semut? Anda tidak sendiri! Kehadiran semut memang sering mengganggu. Adanya banyak semut di dapur mengganggu proses memasak kita. Apalagi jika sudah menggigit, tak jarang membuat tangan terasa perih. Sehingga, perlu ada cara untuk mengusir semut.

Melansir dari Suara.com, rupanya mengusir semut bisa dilakukan lewat bahan-bahan yang ada di dapur loh!, berikut daftar bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengusir semut:

 

  1. Cuka

Bahan alami anti semut yang pertama adalah cuka. Umumnya cairan cuka digunakan sebagai bahan dasar memasak. Tetapi selain bermanfaat sebagai bahan memasak, cuka juga dapat anda gunakan untuk mengusir serangga. Cuka memiliki sifat asam yang tidak disukai oleh serangga. Cara menggunakan cuka untuk mengusir semut adalah dengan menyemprotkan cuka ke tempat-tempat yang sering menjadi sarang atau jalur semut.

  1. Lada

Lada memiliki rasa pedas, hal ini akan membuat rasa gatal pada serangga. Anda dapat menaburkan bubuk lada pada daerah yang sering dilewati oleh semut.

  1. Kayu Manis

Salah satu bahan dasar memasak yang dapat anda gunakan untuk mengusir semut adalah kayu manis. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki aroma yang kuat sehingga tidak disukai oleh semut. Agar lebih efektif, Anda bisa menggunakan kayu manis bubuk untuk ditaburkan ke lokasi yang sering jadi tempat berkumpul semut.

  1. Bubuk Kopi

Bagi anda penikmat kopi jangan buang bubuk kopi yang sudah tidak terpakai lagi. Perlu anda ketahui bahwa bubuk kopi adalah bahan alami anti semut. Bubuk kopi dapat mengusir semut maupun serangga di sekitar rumah anda. Caranya, cukup dengan menaburkan bubuk kopi pada sudut-sudut ruangan yang berongga.

  1. Lemon

Perlu anda ketahui bahwa ada sebuah kandungan pada buah lemon yang dapat anda gunakan sebagai penangkal semut, kandungan tersebut bernama asam sitrat. Asam yang terkandung pada buah lemon memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga. Cara menggunakannya adalah dengan cara mencampurkan air perasan lemon dengan air.

  1. Bubuk Cabai Rawit

Bubuk cabai rawit memiliki sifat yang hampir-hampir sama dengan cuka. Oleh karena itu bagi anda yang ingin sering kali merasa tidak nyaman karena kehadiran serangga anda dapat menggunakan bubuk cabai rawit.

  1. Cengkeh

Kebanyakan jenis serangga tidak menyukai tanaman maupun benda-benda yang memiliki aroma kuat dan wangi, termasuk semut. Anda dapat menaburkan bunga cengkeh di sekitaran daerah dimana semut sering muncul.

  1. Garam

Anda dapat menaburkan garam pada sudut-sudut tertentu dimana semut biasanya datang. Biasanya sarang semut terletak pada rongga-rongga yang terletak di sudut-sudut ruangan.

*****

Itulah bahan-bahan dapur yang bisa mengusir semut. Bahan-bahan di atas bisa Anda beli #DariRumah loh! Caranya: pakai aplikasi Titipku. Lewat aplikasi ini, Anda tinggal pilih semua bahan yang mau dibeli, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan di jam yang sudah Anda tentukan. Praktis banget tentunya jika belanja pakai Titipku. Tertarik? Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan