8 Tips Tetap Semangat Puasa Meski Lupa Sahur!

Titipku – Hal yang dianjurkan sebelum berpuasa Ramadhan adalah sahur. Sahur dilakukan saat dini hari sebelum waktu subuh tiba. Tidak sedikit orang lupa serta melewatkannya sehingga berpuasa seharian tanpa modal di perut.

Tentu hal tersebut sangat tidak nyaman, benar? Lalu bagaimana agar tetap semangat puasa hingga waktu berbuka meski lupa sahur? Berikut ini tips tetap semangat puasa yang kami lansir dari www.tokopedia.com.

Ingatlah Kemampuan Manusia Tanpa Makan dan Minum

tips tetap semangat puasa

Sebenarnya tidak makan dan minum selama seharian penuh masih jauh dari batas maksimal tubuh tidak menerima itu. Dengan kata lain hanya hal ringan yang mampu diatasi dengan mudah dengan kemampuan tubuh.

Menurut penelitian, tubuh manusia dapat bertahan tanpa perlu makanan sampai 3 minggu lho! Sedangkan, manusia bisa berahan hingga sekitar 1 minggu jika tanpa minum. Jadi, tetap semangat ya!

Mandi Air Dingin

Little boy taking a shower by a swimming pool

Penelitian dari “Behaviorial and Brain Function Journal” menjelaskan bahwa mandi air dingin mempunyai manfaat dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak lemas. Saat lupa sahur, mandi air dingin selama 3-5 menit akan membuatmu lebih segar dan bersemangat!

Tidur Secukupnya

Tips tetap kuat puasa meski lupa sahur berikutnya ialah istirahat cukup! Misalnya dengan tidur siang secukupnya jika memungkinkan. Tidur dan istirahat dapat membantumu untuk menahan lapar saat puasa. Tapi bukan berarti lupa kewajiban ibadah ya.

Hindari Pekerjaan Berat

Tips semangat puasa tanpa sahur berikut adalah dengan menghindari pekerjaan berat. Ketika melakukan pekerjaan berat, tentu akan menghabiskan tenaga apalagi saat lupa sahur.

Maka perlu diperhatikan jika pekerjaan sangat mendesak dan tidak bisa ditunda, maka kamu harus tetap melakukan sesuai dengan kemampuan yang kamu bisa.

Mencari Kesibukan

Kalau puasa tuh rasanya lebih waktu jadi lebih lama tanpa melakukan apapun. Semakin terasa lama, maka semakin terasa laparnya. Oleh karena itu, carilah kesibukan yang membuat kamu melupakan rasa lapar dan haus.

Misalnya membaca, menulis, mendengarkan lagu dan kegiatan lain yang bisa mengisi waktu agar lupa sejenak bahwa tadi tidak sahur seperti Jelajah UMKM sekitarmu dan unggah di Aplikasi Titipku. Akan lebih bermanfaat lagi jika waktu luangmu kamu isi dengan kegiatan yang bermanfaat kan?

Kuatkan Niat, Perbanyak Ibadah

Niat adalah hal penting karena merupakan awal dari segala perbuatan manusia. Jika kamu mempunyai niat puasa kuat maka puasa yang dijalankan juga semakin lancar meski lupa sahur.

Puasa di bulan Ramadhan adalah hal wajib bagi umat Islam. Jangan pernah menjadikan lupa sahur sebagai alasan tidak berpuasa ya!

Ingat Manfaat Puasa

Selain menguatkan niat, kita juga perlu ingat manfaat dari puasa. Selain manfaat kesehatan, bulan Ramadhan menjadi bulan yang diberkahi Allah SWT. Jadi meski kamu tidak sahur, ingatlah manfaat puasa yang bisa kamu dapat.

Hindari Tempat Panas

Seperti yang diketahui, suhu panas dapat membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan. Jika hal ini terjadi maka kamu yang tidak sahur akan cepat merasa sangat haus.

Oleh karena itu sebaiknya hindari berada langsung di bawah terik matahari dan carilah tempat sejuk.

Demikian 8 tips semangat puasa meski lupa sahur. Semoga kita selalu senantiasa mengingat bahwa sahur adalah salah satu bagian penting untuk menunaikan ibadah puasa.

Baca Artikel Lainnya: 5 Hal yang Membatalkan Puasa

Ayo Menjelajah!

#BerbuatBaik di bulan Ramadhan dapat kamu lakukan dengan menjadi Penjelajah di Aplikasi Titipku. #AyoMenjelajah UMKM sekitarmu agar semakin banyak UMKM naik kelas!

Download Aplikasi Titipku di Playstore dan mulai jadi Penjelajah! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan