Agar Tetap Sehat dan Terhindar Ruam, Rajin Rawat Kulit Bayi

Sama seperti orang dewasa yang perlu untuk merawat kulit, kulit bayi juga perlu dirawat. Terlebih, kulit si kecil lebih sensitif dan rentan akan iritasi, sehingga perawatannya harus lebih ekstra. Namun demikian, Anda tak perlu khawatir. Perkembangan zaman telah menghasilkan sejumlah pemutakhiran produk-produk bayi, sehingga Anda bisa merawat kulit si kecil dengan lebih mudah.

Dilansir dari Kumparan.com, berikut sejumlah langkah mudah untuk menjaga kesehatan kulit bayi.

 

  • Pilih Pakaian yang Lembut

Kulit bayi juga rentan mengalami ruam atau iritasi akibat biang keringat di lipatan kulit. Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memilih pakaian bayi berbahan katun dan lembut. Pakaian berbahan katun mudah menyerap keringat dan aman dikenakan si kecil. Hindari memilih pakaian berbahan sintetis karena bersifat abrasif dan dapat menyebabkan alergi.

Baca Juga: Cara Mengolah Labu Menjadi Makanan Pengganti ASI

 

  • Ganti Popok Secara Berkala

Ruam dan infeksi kulit pada bayi dapat ditimbulkan dari penggunaan popok kotor yang lama tidak diganti atau ukuran popok yang terlalu ketat. Untuk mencegah hal ini, gantilah popok secara berkala dan pastikan untuk segera mengganti popok bayi jika sudah penuh. Selain itu, pemilihan popok yang lembut dan memiliki daya serap tinggi juga penting.

Baca Juga: Cara Jitu Menghindari Kerusakan Gigi Pada Si Kecil

 

  • Cek Suhu Air yang Digunakan Bayi untuk Mandi

Memastikan suhu air sebelum memandikan bayi juga penting. Pastikan temperatur  air yang digunakan berkisar 37 derajat hingga 38 derajat Celsius. Suhu air yang terlalu panas dapat membuat kulit bayi menjadi kering bahkan dapat menyebabkan luka bakar. Sebaliknya, jika air terlalu dingin, bayi akan merasa kedinginan.

 

  • Pilih Sabun Mandi Bayi yang Aman

Tidak semua sabun mandi cocok untuk bayi. Karenanya Anda perlu teliti saat membelinya. Pilihlah sabun yang diformulasikan khusus bayi yang mengandung Lactid Acid, Lactoserum, dan pH yang sesuai dengan kondisi alami kulit normal bayi, yakni 3.5-4.7.

 

  • Beri Pelembap Khusus Bayi

Setelah selesai mandi, Anda bisa berikan si kecil pelembap khusus bayi. Penggunaan pelembab dirasa penting, sebab kulit si kecil lebih cepat kering. Menggunakan pelembap setelah mandi juga dapat membantu menjaga kulit bayi tetap terhidrasi.

 

 

Bingung mencari produk perawatan kulit bayi? Anda bisa membelinya di Titipku. Terutama bagi Anda yang tinggal di Kelapa Gading, kini bisa belanja aneka produk perawatan bayi di Diamond Supermarket. Selain belanjanya praktis, Anda juga bisa menggunakan promo yang tersedia untuk menghemat pengeluaran. Cusss download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan