Apakah Aman Jika Ibu Hamil Konsumsi Ikan Lele?

Titipku.com – Pernahkah di antara Ibu hamil (bumil) sekalian ngidam makan ikan saat hamil? Padahal, ikan laut mengandung merkuri tinggi yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumi oleh ibu hamil.

Jika bumil tidak yakin untuk mengonsumsi ikan laut karena kadar merkurinya yang tinggi, mengapa tidak mengonsumsi ikan air tawar sebagai gantinya? Kandungan gizinya pun sebenarnya tidak kalah lho. Ikan lele salah satunya.

Apa saja manfaat dan kandungan gizi yang ada dalam ikan lele? Simak informasi berikut!

 

  1. Lele Penuhi Asupan Protein di Dalam Tubuh

Protein memiliki peran penting dalam membantu pertumbuhan janin dan mampu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Perlu Bumil ketahui bahwa asupan protein yang kurang tercukupi dapat menyebabkan malnutrisi. 

Protein dapat didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti ikan lele. Ikan yang berasal dari air tawar mempunyai sumber protein yang tinggi sebanyak 20 persen. Ikan lele tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, namin dapat dijadikan pelengkap protein di dalam menu makanan setiap harinya. 

Berbagai kandungan protein dalam ikan lele antara lain asam amino esensial lisin, metionin dan leusin. Jika dikonsumsi secara tepat, maka nutrisi di dalam ikan lele bisa menjadi sumber protein terbaik. 

  1. Mencegah Risiko Bayi Terlahir Cacat

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi yang sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun. Namun, ada sebagian orangtua yang harus menerima kondisi bayinya saat dilahirkan dengan tidak sempurna. 

Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, maka asupan nutrisi selama hamil perlu diperhatikan. Salah satu makanan yang bisa mencegah risiko ini yaitu ikan lele karena memiliki kandungan B12. 

Ikan lele yang diolah menjadi berbagai jenis tetap akan mengandung B12, sehingga dapat mengurangi gangguan-gangguan kesehatan selama proses persalinan nanti.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Pada Ibu Hamil

Selama hamil perlu diingat bahwa nutrisi sangat penting dan menjadi nomor satu, sehingga perlu diusahakan dengan baik.  Apapun yang masuk ke dalam sistem pencernaan selama diproses tubuh juga akan berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan janin di dalam kandungan. 

Selain itu, ibu hamil perlu memastikan tubuhnya bisa selalu sehat dan tidak mudah sakit. Ikan lele bisa menjadi salah satu lauk yang bisa dikonsumsi selama hamil karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh. 

*****

Sebagai asupan protein yang cukup tinggi, ikan lele bisa menjadi salah satu alternatif makanan saat hamil. Meskipun begitu perlu ditambah dengan berbagai nutrisi dari makanan yang lain agar seimbang.

Bumil bisa membeli lele dan sayur mayur di pasar terdekat tanpa perlu ribet loh. Tinggal pesan saja melalui Titipku, nanti akan ada kurir Titipku yang bernama Jatiper yang akan membelikan dan mengantarkan pesanan Bumil. Ada promo Gratis Ongkir Tanpa Syarat juga yang berlaku khusus di Tanggal 16 Maret 2021.

Tertarik? Download Titipku di Google Playstore dan mulai belanja #DariRumah sekarang.

Tinggalkan Balasan