Anak Ngantuk Saat Sekolah Online? Atasi dengan Cara Ini

ngantuk, mengantuk, ngantuk saat sekolah, mengantuk saat sekolah, ngantuk saat sekolah online, mengantuk saat sekolah online

ngantuk, mengantuk, ngantuk saat sekolah, mengantuk saat sekolah, ngantuk saat sekolah online, mengantuk saat sekolah online

Hai Moms, anak-anak sudah mulai aktivitas sekolah lagi ya. Sayangnya, saat ini aktivitas sekolah masih harus dilakukan dari rumah akibat pandemi COVID-19. Moms sebagai orang tua tentunya mendampingi dan memantau bagaimana dinamika sekolah anak dong. Nah, kira-kira ada nggak di antara anak Moms sekalian yang sering mengeluh matanya lelah atau tampak ngantuk saat mengikuti pelajaran?

Mengantuk saat belajar sangat umum terjadi pada semua orang dari berbagai kelompok usia. Jika di kelas yang ramai saja bisa mengantuk, apalagi kalau si kecil harus belajar sendirian. Untuk itu, ikuti tips dari Hellosehat.com berikut ini yuk.

 

  1. Berdiri Lalu Bergerak

Ini cara yang bisa dilakukan saat si kecil sekolah dari rumah. Cara ini dapat meningkatkan energi, membantu anak tetap terjaga, dan membantu melepaskan stres yang dirasakan saat belajar, khususnya menjelang ujian. Dengan bergerak seperti berjalan-jalan berkeliling kelas atau halaman rumah, jantung dapat memompa darah lebih cepat. Alhasil, energi yang hilang akan kembali dan konsentrasi akan semakin meningkat.

  1. Gunakan Cahaya yang Memadai

Tubuh kita dapat memberikan respons terhadap sinyal yang berasal dari lingkungan, seperti cahaya dan kegelapan. Jika Anda terbiasa tidur dalam kondisi gelap, tak heran jika belajar dengan pencahayaan yang kurang berpotensi mengundang rasa kantuk. Sementara itu, tubuh mungkin akan menangkap sinyal berbeda dari cahaya terang benderang. Artinya, anak mungkin akan lebih mudah terjaga karena tubuh menerima sinyal untuk tetap terjaga saat ada cahaya. Hal ini bisa saja terjadi karena protein dalam tubuh yang teraktivasi saat tubuh terpapar oleh sinar. Oleh sebab itu, jika ingin belajar, cobalah untuk menggunakan cahaya yang memadai. Cara ini dapat membantu si kecil menghilangkan rasa ngantuk saat belajar.

  1. Duduk Tegak

Duduk tegak juga bisa menghilangkan kantuk. Ya, alih-alih duduk sambil bersender atau duduk setengah tidur, lebih baik duduklah dengan tegak saat sedang belajar. Hal ini sedikit banyak dapat membantu untuk tidak mudah mengantuk. Dengan duduk dengan tegak, aktivitas pada saraf simpatetik yang berfungsi mengontrol agar tetap fokus lah yang akan meningkat. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu duduk dengan tegak saat belajar.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Anda sebagai orang tua juga perlu teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi anak. Sebagai contoh, cokelat dapat menjadi pilihan ketika anak merasa kadar gula darah menurun. Namun, jumlahnya tidak boleh berlebihan, atau lebih baik secukupnya saja. Lalu, anak juga bisa mengonsumsi yoghurt dan buah-buahan segar sebagai alternatif pilihan camilan sehat untuk melawan rasa mengantuk saat sekolah dari rumah.

Jika ingin belanja buah-buahan untuk konsumsi anak, beli saja di Titipku. Belanja buah di sini dijamin praktis dan mudah, karena dilakukan cukup dari rumah. Jatiper Titipku juga handal dalam memilihkan buah yang kualitasnya baik. Anda bisa download aplikasi Titipku di sini!

  1. Perbanyak Minum Air

Saat cairan dalam tubuh tetap terjaga, darah dapat terus membawa oksigen dan berbagai nutrisi yang otak butuhkan. Alhasil, tubuh akan tetap bisa fokus saat belajar. Sedikit saja tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, tubuh akan langsung merasakan kelelahan, cepat merasa emosional, dan tentu saja mengantuk saat belajar atau berkonsentrasi. Oleh sebab itu, saat sedang belajar, pastikan si kecil untuk minum air yang banyak.

  1. Tidur Yang Cukup

Kurang tidur dan berbagai gangguan tidur lainnya dapat menyebabkan kantuk pada siang hari, termasuk saat sedang belajar. Oleh sebab itu, salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar adalah dengan tidur yang cukup. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kualitas tidur pada malam hari. Namun, tak hanya itu saja, anak juga bisa mencoba untuk tidur pada siang hari usai sekolah.

Tinggalkan Balasan