APA PENTINGNYA LABEL FOOD GRADE PADA KEMASAN JAJANAN?

Titipku – Label food grade kayaknya udah nggak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia.Label yang menunjukkan fungsi dari sebuah kemasan makanan ini ternyata memiliki makna penting.

Dilansir melalui Maknaa.com arti food grade sendiri ialah standarisasi material yang layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap food grade apabila tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke makanan yang akan kita makan. Standarisasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas makanan.

Apa aja sih syarat kemasan food grade ? 

  1. Tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan.
  2. Tidak mengubah rasa makanan.
  3. Tidak mentransfer unsur tertentu dalam makanan.

Pentingkah Food Grade pada Label Kemasan?

Saat ini banyak sekali penjual makanan yang justru menyalahgunakan jenis bahan untuk mengemas makanan yang dijualnya. Menurut para oknum penjual semua jenis kemasan sama dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis produk apa pun. 

Nyatanya, itu sangat berbahaya lho untuk kesehatan. Dapat kita ambil contoh, bahan plastik kemasan yang sering digunakan adalah plastik. Plastik memiliki berbagai jenis bahan. Bahan-bahan plastik mulai dari yang ramah untuk makanan sampai yang dapat membahayakan makanan dan harus dihindari. Bahaya tersebut disebabkan oleh zat kimia yang terkandung dalam plastik.

Menurut Kompasiana.com kemasan makanan memiliki jenis bahan tersendiri yang aman digunakan. Produsen biasanya mengetahui kemasan makanan yang memiliki standar pengemasan food gradeFood grade sendiri adalah standardisasi dari jenis kemasan yang diperbolehkan untuk penggunaan makanan. Dengan menggunakan standar tersebut makanan yang dikemas lebih aman untuk dikonsumsi.

Bahaya Kemasan Non Food Grade

Penelitian menyebutkan bahwa efek kanker akan timbul beberapa tahun setelah penggunaan bahan non foodgrade digunakan secara jangka panjang. Bahkan ada beberapa bahan berbahaya yang digunakan oleh penjual makanan.

DIlansir melalui greenpack.com berikut adalah penjabaran kemasan makanan yang berbahaya bagi kesehatan :

  1. Terbuat dari bahan plastik daur ulang
  2. Terbuat dari kertas tidak layak seperti Hvs, Koran, kalkir dll
  3. Terbuat dari stereofoam
  4. Penggunaan stapless untuk mengikat bungkus makanan

Jadi pastikan ya kita menggunakan kemasan makana  sesuai standarisasi yang berlaku. Sebagai pembeli kita juga harus cermat memilih kemasan makanan.

Buat kamu yang ingin aman berbelanja berbagai jenis makanan, kamu bisa mengunjungi aplikasi Titipku. Aplikasi yang mewadahi para UMKM anak bangsa menjual produknya secara online ternyata juga mengedukan para pelaku usaha untuk memberikan rasa aman terhadap konsumen.

Yuk cobain dan gunakan #produkdalamnegeri!

 

Tinggalkan Balasan