Bau Badan Buat Nggak Nyaman! Atasi dengan Cara Ini

Semua orang pasti berkeringat. Ketika kamu melakukan aktivitas fisik, berjalan ke luar rumah, hingga duduk-duduk saja di sebuah ruangan tanpa AC, berkeringat adalah suatu hal yang wajar. Bekeringat adalah cara tubuh untuk mengatur dan menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Namun, keringat juga menciptakan bau badan yang membuat kita tidak pede saat bersama kolega atau teman-teman. 

Sebenarnya, keringat yang kamu keluarkan tidak berbau. Yang menyebabkan bau badan adalah bakteri yang menumpuk di kulit yang berkeringat. Bakteri tersebut memecah protein dan asam lemak dari keringat dan minyak yang dihasilkan oleh tubuh, menyebabkan bau badan sebagai hasilnya. 

Untuk mencegah bau badan, kamu bisa memulai dari mengatasi akar masalahnya, yaitu bakteri. Berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau badan. 

 

Gunakan Sabun Antibakteri

Ini adalah tips pertama yang bisa kamu terapkan. Sekarang, sudah banyak sabun antibakteri yang dijual di pasaran. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan keinginanmu. Namun, pastikan produk sabun yang kamu gunakan mengandung bahan yang mampu mengatasi bakteri yang menyebabkan bau badan. 

Gunakan sabun secara menyeluruh di area tubuh yang lebih sering mengeluarkan keringat seperti di siku dan kaki. Setelah selesai mandi, pastikan kamu mengeringkan tubuh dengan handuk sampai benar-benar kering untuk mencegah bakteri tumbuh di kulit tubuhmu. 

Gunakan Antiperspirant atau Deodoran

Meskipun terdengar mirip, antiperspirant dan deodorant memiliki fungsi yang berbeda. Antiperspirant berfungsi untuk menghambat tubuh mengeluarkan keringat, sedangkan deodorant berfungsi untuk membuat keringat menjadi tidak berbau. Kamu bisa menggunakan salah satu dari produk ini sesuai dengan kebutuhan. Gunakan saat pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur untuk hasil yang maksimal. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Tawas untuk Deodorant.

Perhatikan Menu Makanan

Kamu adalah apa yang kamu makan. Beberapa makanan dapat menimbulkan bau badan, seperti bawang putih, atau makanan yang berkafein tinggi. Memperhatikan menu makanan setiap hari, selain penting bagi kesehatan juga untuk mencegah bau badan. Sebaiknya, perbanyak sayuran dan buah-buahan agar masalah bau badan teratasi. 

Baca Juga: Manfaat Kunyit Asam untuk Kecantikan dan Kesehatan

Gunakan Bahan yang Nyaman

Memakai pakaian dengan bahan tebal, juga dapat menimbulkan bau badan karena dapat menyebabkan keringat menumpuk terlalu lama. Sebaiknya, gunakan pakaian berbahan katun, sutra, atau wol karena bahan-bahan tersebut memudahkan udara untuk masuk, sehingga mencegah keringat menumpuk berlebih pada tubuh. 

Ketika kamu lebih sedikit berkeringat, bakteri yang menyebabkan bau badan tidak dapat tumbuh dan memperbanyak diri. Rutinlah mengganti pakaian setiap harinya untuk mencegah hal serupa. 

Cuci Pakaian Setiap Hari dengan Bersih

Bakteri juga dapat menempel pada pakaian yang dipakai berhari-hari, semakin menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk itu, cucilah pakaian yang sudah kamu pakai dengan bersih setiap hari. Jangan gunakan pakaian yang sama lebih dari satu hari untuk mencegah bau tidak sedap. 

 

Belanja sayur dan buah untuk mencegah bau badan, pastinya lewat Titipku aja. Buah dan sayurnya dijamin masih segar. Tidak perlu repot keluar rumah selama kamu menggunakan Aplikasi Titipku. Jatipers akan mengantarkan pesananmu sampai rumah lho! Yuk segera download dan langsung belanja lewat Titipku. Ada promo potongan ongkirnya juga loh!

Tinggalkan Balasan