Siap-Siap Atur Keuangan di Akhir Bulan dengan Cara Ini

Sebentar lagi kita sudah memasuki akhir bulan. Biasanya, masa-masa ini dirasa berat bagi sebagian orang. Maklum saja, sebab gaji selama sebulan sudah hampir menuju titik nadir, dan kita harus bertahan dengan sisa uang yang ada. Biasanya, akhir bulan selalu diidentikkan dengan nasi telur atau mie instan untuk makan, mengurangi pengeluaran untuk hiburan, dan hal-hal penghematan ekstrem lainnya.

Tapi, ada baiknya untuk tidak terlalu panik. Jika kita mengatur keuangan dengan baik, niscaya kita akan selamat hingga gaji berikutnya turun. Menyadur dari artikel di paydia.id , yuk simak 5 tips mengatur keuangan di akhir bulan berikut ini!

 

  • Buat Anggaran Keuangan

Setiap kali mendapatkan gaji, segera buat anggaran keuangan selama sebulan. Catat pengeluaran rutin, seperti biaya makan harian, transportasi, kuota internet, pulsa, asuransi, tabungan, dan lain-lain. Hal ini memang membutuhkan waktu dan kemauan untuk membiasakan diri. Namun demikian, perencanaan inilah yang akan menyelamatkanmu di akhir bulan, atau bahkan di sepanjang hidupmu.

  • Belanja dengan Prioritas

Segera belanja dan lakukan pembayaran yang bersifat bagi wajib setiap kali usai menerima gaji. Belanja wajib bulanan bisa berupa pulsa. Sementara itu pembayaran bulanan meliputi tagihan listrik, tagihan PDAM, asuransi, atau bahkan investasi. Belanja kebutuhan pangan di awal bulan juga dirasa baik, tapi pastikan membeli yang bisa disimpan dalam waktu yang lama ya.

  • Batasi Frekuensi Makan di Luar

Di akhir bulan, tak ada salahnya mengurangi keinginan untuk pergi makan di restoran atau di luar rumah. Masak sendiri akan jauh menghemat pengeluaranmu untuk makan. Apalagi untuk kamu yang masih hidup dengan orang tua, masakan orang tua yang lezat dan bergizi tentu akan menyelamatkan akhir bulanmu.

  • Cari Kegiatan Hiburan yang Hemat

Ingin bersenang-senang tanpa buat kantong meriang? Tentu bisa! Banyak kegiatan seru dan menyenangkan tanpa perlu mengeluarkan biaya, seperti nonton film yang sudah diunduh di laptop, bermain game online bersama teman-teman, atau berjalan-jalan menikmati lingkungan sekitar.

  • Manfaatkan Promo yang Ada

Di akhir bulan biasanya ada banyak toko atau aplikasi belanja online yang menyediakan promo diskon. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk berbelanja kebutuhan dengan lebih hemat. Tapi, pastikan ya bahwa belanjaanmu tidak kalap. Jika terlena diskon, nanti akan boros juga pada akhirnya

Baca Juga: Cara Bijak Berbelanja Produk dengan Promo Diskon

 

Menyambut akhir bulan, Titipku hadir dengan promo ASIKDISKON. Promo ini memberi kamu Diskon 50% (maksimal Rp50.000) tanpa minimal belanja. Promo hanya berlaku 2 hari, yakni 18 dan 19 Februari 2021. Promo ini bisa digunakan untuk kamu berbelanja kebutuhan pangan untuk akhir bulan loh. Di Titipku banyak pedagang pasar dan supermarket yang menyediakan aneka bahan pangan, mulai dari bahan pangan segar, makanan beku, atau makanan kaleng.

Mau? Download aplikasi Titipku di sini dan langsung berbelanja kebutuhan untuk akhir bulan!

Tinggalkan Balasan