Ayam Rebus Bisa Empuk? Ini Rahasianya

ayam, ayam rebus, boiled chicken, chicken

ayam, ayam rebus, boiled chicken, chicken

“Apa sih susahnya buat ayam rebus? Tinggal dimasukin ke air mendidih aja ayamnya lalu beres”.

Ya, tanggapan di atas sering muncul di sekitar kita. Padahal, untuk menghasilkan ayam yang empuk dan lembut, merebus ayam tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar ayam empuk sehingga olahan ayam yang kita buat menjadi lebih nikmat.

Melansir dari Selerarasa.com, berikut tips merebus ayam agar empuk dan lembut:

 

GUNAKAN PANCI SESUAI DENGAN UKURAN AYAM

Panci yang digunakan untuk merebus ayam ukurannya harus diperhatikan. Jika Anda menggunakan panci yang ukurannya terlalu kecil, isinya akan penuh, ayam akan menumpuk sehingga tidak akan matang dengan merata. Apabila panci yang digunakan ukurannya terlalu besar, maka diperlukan banyak air, sehingga air akan menjadi lama mendidih yang akan membuat daging ayam hancur karena terlalu matang. Berikut beberapa hal ini saat memilih panci untuk merebus ayam.

  • Sebaiknya Anda menggunakan panci sesuai dengan jumlah dan ukuran ayam yang akan Anda rebus.
  • Jika Anda akan merebus ayam utuh, Anda bisa menggunakan panci berukuran 8 liter.
  • Sedangkan untuk ayam potong, gunakan panci yang ukurannya lebih kecil dengan diameter 16 hingga 18 cm.

GUNAKAN AIR DINGIN SAMPAI MENUTUP PERMUKAAN AYAM

Gunakan air dingin untuk merebus ayam. Menggunakan air dingin bertujuan agar air dan ayam matang dengan bersamaan. Jika Anda menggunakan air panas atau hangat, suhu tinggi dapat membuat bagian luar ayam matang terlebih dahulu sebelum direbus.

Setelah ayam yang direbus dimasukan ke dalam panci yang ukurannya sesuai untuk merebus ayam, silakan tuangkan air dingin atau air biasa secukupnya. Tuangkan air hanya sampai permukaan ayam tertutup, lalu baru mulai direbus.

MASUKAN BUMBU-BUMBU

Langkah selanjutnya yaitu memasukan bumbu-bumbu. Bumbu yang digunakan yaitu bawang putih utuh dan garam. Selain memberikan rasa gurih dan aroma sedap pada ayam, menambahkan garam saat merebus ayam juga akan membantu melunturkan kotoran pada ayam. Anda bisa menyesuaikan jumlah bawang putih dan garam yang digunakan dengan jumlah ayam yang akan direbus. Misalnya: 3 siung bawang putih dan 2 sdm garam untuk ayam utuh atau 1sdm garam dan 2 siung bawang putih untuk ayam potong.

REBUS DENGAN MENGGUNAKAN API SEDANG

Jika semua sudah siap, air yang digunakan sudah pas dan ayam sudah diberikan bumbu Anda bisa langsung merebus ayam dengan cara berikut ini. Saat merebus ayam panci harus ditutup agar aromanya tidak menguap dan ayam menjadi lebih mudah matang. Rebus ayam dengan menggunakan api sedang supaya seluruh bagian ayam bisa matang dengan merata dan bagus.

perhatikan waktu saat membuat ayam rebus

Membutuhkan waktu yang berbeda-beda saat merebus ayam, terutama untuk ayam utuh. Waktu merebus ini harus diperhatikan agar ayam tidak hancur yang disebabkan karena terlalu matang. Agar memudahkan Anda saat merebus ayam, yuk simak waktu yang dibutuhkan saat merebus ayam berikut ini:

  • Jika Anda merebus dada ayam tanpa tulang, waktu yang dibutuhkan 15 hingga 20 menit.
  • Untuk dada ayam yang masih memiliki tulang direbus selama 30 menit.
  • Untuk paha ayam direbus selama 30 hingga 40 menit.
  • Untuk ayam utuh selama 1 jam.

*****

Nah, sekarang dah tahu kan cara merebus ayam agar dagingnya empuk dan lembut? Langsung coba praktikkan sekarang! Kalau butuh daging ayam, tinggal beli pakai Titipku aja. Pesannya dari rumah, di antarnya sesuai jam yang Anda mau. Download Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan