Bagi Yang Tidak Pintar Masak, Cobalah Dua Menu Sederhana Ini

Titipku- Memasak adalah kegiatan sehari-hari masyarakat pada umumnya untuk mengubah bahan-bahan makanan mentah menjadi makanan yang lezat untuk disantap. Memasak juga termasuk keterampilan. Tetapi tidak semua orang bisa memiliki keterampilan ini.

Selain itu, sudah bukan trik rahasia lagi jika memasak sendiri lebih murah dibandingkan dengan membeli makanan jadi. Kamu pun bisa bebas berkreasi membuat makanan apapun atau mempraktekkan resep-resep baru dari berbagai sumber yang menarik perhatian.

Lalu, bagaimana bagi yang tidak pandai memasak? Tenang saja, selain telur, tahu, tempe, dan mie, ada bahan-bahan yang mudah diolah. Juga mudah ditemukan di sekitarmu. Dua menu berkuah ini, bisa dicoba bagi yang tidak pintar masak. Mungkin Kamu salah satunya.

Bakso

Bakso kemasan siap olah bisa didapatkan di warung-warung, pasar tradisional, hingga supermarket. Ada berbagai jenis (bakso ayam, bakso sapi, dan bakso ikan), ukuran, dan merk yang bisa Kamu pilih sesuai selera. 

www.freepik.com

Cara mengolahnya sangat mudah. Selain bakso, siapkan pula daun bawang dan bawang putih dua siung lalu iris tipis-tipis.

Untuk bumbunya, juga mudah kamu dapatkan. 

1 sachet masako rasa sapi

Merica bubuk secukupnya

2 kemiri

Garam secukupnya

Air

Cara memasak:

1. Siapkan bumbu. Haluskan kemiri, lalu campur dengan merica bubuk dan garam.
2. Masukkan air ke dalam panci
3. Masukkan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam air, lalu panaskan sampai mendidih.
4. Jika sudah mendidih, masukkan bakso yang sudah Kamu tentukan jumlahnya.
5. Tunggu sampai bakso mengambang. Jika sudah mengambang, tandanya bakso sudah matang.
6. Jangan lupa masukkan irisan bawang dan daun bawang sebagai penyedap.

Eits, jangan lupa untuk mencicipi rasanya. Kalau kurang asin, bisa tambahkan garam sedikit demi sedikit sampai rasanya dirasa pas. Sedangkan kalau terlalu asin, Kamu bisa menambahkan dengan air panas sampai rasanya pas juga.

Bahan sop sayur

Nah, bahan-bahan untuk membuat menu ini juga sederhana dan mudah didapatkan. Pas juga sebagai menu yang sehat. Adapun bahan-bahannya yaitu kubis, wortel, dan daun bawang. Bisa ditambah dengan kembang kol. Kubis juga bisa diganti dengan brokoli.

Sup Sayur, Via Instagram keyza_chan

Bumbu mudah dibuat. Cukup siapkan satu sachet masako atau royco rasa ayam. Sebagai penguat rasa, bisa ditambahkan lada bubuk secukupnya, dua buah kemiri, dan bawang putih. 

Siapkan daun seledri lalu iris kecil-kecil sebagai penyegar.

Cara memasak:

1. Potong sayur dengan ukuran sedang. Tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Untuk wortel, dikupas dulu kemudian iris tipis-tipis. Jangan lupa untuk mencuci sayurnya.
2. Siapkan bumbu.
3. Masukan air ke dalam panci sesuai kebutuhan, kemudian masukkan bumbu halus. Untuk yang lebih sederhana lagi, Kamu cuma butuh satu sachet masako atau royco saja.
4. Panaskan air yang telah di bumbu sampai mendidih.
5. Masukkan sayur yang sudah dipotong-potong.
6. Tunggu sampai sayur terasa empuk. Namun jangan terlalu lama, karena sayur bisa kehilangan banyak vitamin jika terlalu lama dipanaskan.
7. Jangan lupa, masukkan irisan daun bawang dan seledri.
8. Cicipi pula rasanya, terutama tingkat asinnya

Kedua menu ini mengandung micin yang berasal dari masako. Bagi kamu yang menghindari micin, masako atau royco bisa diganti dengan bubuk kaldu sekitar satu sendok teh.

Yep, karena fungsi masako disini sebagai perasa kaldu. Bakso khas dengan kaldu sapi, sedangkan sop khas dengan kaldu ayam.

Itu lah dua rekomendasi menu sederhana yang mudah untuk diolah. Menu ini cocok dicoba bagi yang tidak pandai memasak. Dengan begitu, menu masakan tidak hanya seputar telur, mie instan dan tahu-tempe. Semoga bermanfaat.

Semua bahan menu diatas sangat mudah didapatkan di sekitarmu melalui aplikasi Titipku. Mengingat Titipku telah bermitra dengan warung-warung bahan pokok dan pasar tradisional.

Kamu bisa titip beli melalui aplikasi Titipku untuk mendapatkan bahan sayur dan bakso. Tanpa perlu keluar rumah atau kost. 

Biasanya di warung dan pasar, sudah dijual satu paket sayur untuk membuat sop. Jadi Kamu tidak perlu repot untuk menakarnya.

Ayo belanja di Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan