Bahaya Sekolah Online Bagi Kesehatan Mata Anak

Selama masa pandemi ini, anak-anak terpaksa harus bersekolah dari rumah. Sekolah dijalankan melalui pertemuan daring menggunakan platform online meeting seperti Zoom atau Google Meet. Melalui sistem belajar daring ini, anak-anak harus menatap layar monitor HP/komputer dalam waktu yang cukup lama. Hal ini berbahaya loh untuk kesehatan mata si kecil.

 

Efek Samping Menatap Monitor Terlalu Lama

  • Penglihatan Kabur: Dikutip dari Tirto.id, menatap objek pada jarak yang sama untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sistem fokus mata menjadi kejang, sehingga menyebabkan penglihatan anak menjadi kabur saat si kecil berpaling dari layar.
  • Kelelahan Mata: Anak-anak akan mengeluh sakit kepala di sekitar pelipis mata setelah menatap layar. Hal ini disebabkan karena mata berkonsentrasi terlalu lama dengan monitor. Penyebab lainnya, karena pencahayaan monitor yang kurang ideal.
  • Mata Kering: Penelitian menunjukkan bahwa seseorang lebih jarang berkedip saat menatap layar digital. Hal ini dapat menyebabkan mata kering dan teriritasi.
Tips Mencegah Mata Rusak

  • Alihkan Pandangan: Orang tua sebaiknya memberitahu pada anak untuk mengalihkan pandangannya usai menatap layar selama 20 menit. Pandangan dialihkan ke objek sejauh 20 kaki selama 20 detik. Itulah mengapa wallpaper monitor bawaan selalu menggambarkan landscape pemandangan yang tampak luas dan jauh.
  • Gunakan Rumus 1/2/10: Para ahli menyebutkan bahwa ada rumus jarak mata dengan layar digital, yakni rumus 1/2/10. Untuk ponsel, sebaiknya dilihat dari jarak 1 kaki dari mata. Lalu jarak 2 kaki untuk perangkat komputer dan tablet. Terakhir, jarak 10 kaki pada layar televisi.
  • Ajak Anak Olahraga: Sebuah penelitian mencatat bahwa olahraga teratur mampu mengurangi perkembangan miopia. Jadi, ajak anak untuk berolahraga di sore hari usai mereka sekolah. Bisa dengan senam di halaman rumah atau berlari di sekitar kompleks. Setidaknya, selain sehat karena berolahraga, si anak juga bisa mendapat pandangan luar rumah yang luas.
  • Matikan Perangkat Digital Satu Jam Sebelum Tidur: Blue light yang dipancarkan layar digital mampu mempengaruhi waktu tidur. Jika waktu tidur tidak sehat, kesehatan mata juga akan berkurang. Jadi, jauhkan anak-anak dari layar perangkat sebelum tidur.

*****

Selain melakukan pencegahan kerusakan mata dengan tips di atas, perlu adanya untuk terus memberi asupan vitamin A bagi anak agar kesehatan mata juga terjaga. Vitamin A biasanya terdapat pada sayur dan buah, seperti wortel. Nah, Anda bisa belanja wortel dan sayur-buah lainnya pakai Titipku. Belanjanya cukup #DariRumah, dapat promo juga sehingga lebih murah. Lagi ada promo Diskon 30% tanpa minimal belanja nih di Titipku! Download dan belanja sekarang pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan