Bakpia dan Pia, Apa sih Bedanya?

Titipku – Kalau ngomongin bakpia nih, pasti langsung inget kota Yogyakarta dong. Yup, kota penghasil oleh-oleh bakpia yang khas. Bakpia merupakan makanan atau camilan ringan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang.

Tau nggak sih, istilah bakpia sendiri berasal dari dialek Hokkian, yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Ternyata oleh-oleh khas Kota Gudeg ini dibawa oleh keturunan Cina atau Tionghoa ke Indonesia lho.

Selain bakpia di kota Jogja, ternyata ada makanan ringan mirip dengan bakpia, yaitu bernama pia. Jika dilihat sekilas, bentuk dari bakpia dan pia hampir sama. Lantas apa yang membedakan keduanya?

1. Bakpia

perbedaan bakpia dan pia, beda bakpia dan kue pia, bedanya bakpia dan pia, apa sih bedanya kue pia dan bakpia, bakpia itu apa, apa itu kue pia, gambar kue pia, gambar bakpiabakpia di jogja murah, bakpia jogja di jakarta, bakpia jogja di bandung, bakpia jogja di surabaya, bakpia jogja di bogor, bakpia jogja di bekasi, bakpia jogja di malang, bakpia jogja di malioboro, bakpia jogja di tangerang, bakpia di jogja yang enak, bakpia jogja asli, bakpia jogja adalah, bakpia jogja aneka rasa, bakpia tugu jogja alamat, bakpia agi jogja, bakpia ayu jogja, bakpia kurnia jogja alamat, bakpia mutiara jogja alamat, bakpia di bandara jogja, bakpia jogja buka 24 jam, bakpia jogja bertahan berapa lama, bakpia jogja basah, bakpia jogja baru, bakpia jogja baim wong, bakpia jogja beli, bakpia jogja coklat, bakpia citra jogja, bakpia crispy jogja, bakpia cokro jogja, bakpia condongcatur jogja, bakpia tugu jogja colombo, bakpia tugu jogja cabang, bakpia cake jogja, bakpia kencana jogja cabang, bakpia citra di jogja, bakpia jogja djava, bakpia jogja dekat bandara, bakpia jogja dekat malioboro, bakpia durian jogja, bakpia kencana jogja dimana, bakpia deva jogja, bakpia kencana jogja delivery, bakpia dhiyat jogja, bakpia jogja enak murah, bakpia jogja eastparc, bakpia jogja empuk, bakpia eny jogja, bakpia pathok jogja enak, bakpia erma jogja, bakpia kukus jogja enak, bakpia jogja favorit, bakpia fadila jogja, bakpia jogja green tea, bakpia gamelan jogja, bakpia mutiara jogja - gembira loka, bakpiapia jogja, bakpia glagahsari jogja, bakpia gudeg jogja, gambar bakpia di jogja, bakpia syahrini di jogja harga, bakpia jogja harga, bakpia jogja hits, bakpia jogja home industri, bakpia jogja heritage, bakpia kencana jogja harga, bakpia jogja istimewa, bakpia jogja istimewa harga, bakpia wong jogja instagram, bakpia tugu jogja instagram, bakpia incess jogja, bakpia tugu jogja di jakarta, bakpia mutiara jogja di jakarta, bakpia jogkem jogja, bakpia djava jogja, bakpia kencana jogja jalan solo, bakpia tugu jogja jalan kaliurang, bakpia kukus jogja jakal, bakpia kencana jogja jalan magelang, bakpia jogja kekinian, bakpia jogja kurnia sari, bakpia jogja kembali, bakpia jogja kencana, bakpia jogja kukus, bakpia jogja kotak hijau, bakpia jogja kecil, bakpia jogja kaskus, bakpia khas jogja, bakpia ku jogja, bakpia jogja lembut, bakpia lumer jogja, bakpia tugu jogja lokasi, bakpia tugu jogja lempuyangan, bakpia lestari jogja, bakpia lezat jogja, bakpia yang lagi hits di jogja 2018, lokasi bakpia 25 di jogja, bakpia enak di jogja murah, bakpia jogja murah dan enak, bakpia jogja murah meriah, bakpia jogja merlino, bakpia jogja mutiara, bakpia jogja mahal, bakpia jogja malang, bakpia nayla jogja, bakpia nanas jogja, nama bakpia di jogja, bakpia ngetop di jogja, bakpia no 1 di jogja, daftar nama bakpia di jogja, bakpia jogja online, bakpia jogja olx, bakpia obong jogja, bakpia original jogja, bakpia tugu jogja outlet, bakpia pathok jogja online, bakpia oleh2 jogja, pusat oleh2 bakpia di jogja, pusat oleh oleh bakpia di jogja, bakpia jogja premium, bakpia jogja paling terkenal, bakpia jogja pathok 25, bakpia jogja paling murah, bakpia jogja pabrik, bakpia pathok jogja, bakpia princess jogja, bakpia podjok jogja, bakpia pojok jogja, bakpia pathok jogja yang terkenal, bakpia jogja rekomendasi, bakpia jogja resep, bakpia jogja rasa apa aja, bakpia jogja rasa green tea, bakpia rizky jogja, bakpia raminten jogja, bakpia tugu jogja rasa, bakpia kurniasari jogja ringroad, bakpia rahayu jogja, bakpia jogja syahrini, bakpia tugu jogja di stasiun tugu, bakpia tugu jogja di surabaya, bakpia tugu jogja di solo, bakpia tugu jogja di semarang, bakpia soemadigdo jogja, bakpia di jogja yang terkenal, bakpia jogja terbaru, bakpia jogja terdekat, bakpia jogja tahan berapa hari, bakpia jogja tugu, bakpia jogja terpopuler, bakpia jogja termurah, bakpia jogja termahal, bakpia ungu jogja, bakpia unyil jogja, bakpia ubi jogja, bakpia unik di jogja, bakpia telo ungu di jogja, urutan bakpia enak di jogja, jual bakpia ubi di jogja, bakpia vera jogja, bakpia vakum jogja, bakpia vista jogja, bakpia jogja wikipedia, bakpia wong jogja, bakpia wong jogja punya siapa, bakpia wijaya jogja, bakpia waris jogja, bakpia jogja yang enak dan murah, bakpia jogja yang lagi hits, bakpia jogja yang asli, bakpia jogja yang murah, bakpia kukus jogja yang enak, bakpia jogja 145, bakpia 175 jogja, bakpia 125 jogja, bakpia 101 jogja, harga bakpia 145 di jogja, bakpia terenak di jogja 2018, harga bakpia di jogja 2018, harga bakpia di jogja 2019, bakpia hits di jogja 2018, harga bakpia di jogja 2017, bakpia terenak di jogja 2016, bakpia jogja 25, bakpia jogja 24 jam, bakpia jogja 2018, bakpia 37 jogja, bakpia 35 jogja, bakpia 45 jogja, bakpia jogja 555, bakpia jogja 5555, bakpia 55 jogja, bakpia 52 jogja, bakpia 525 jogja, bakpia jogja 75, bakpia 75 jogja harga, bakpia 77 jogja, bakpia 72 jogja, bakpia 88 jogja, bakpia 888 jogja, bakpia 86 jogja, bakpia jogja 99, bakpia 999 jogja, bakpia 99 di jogja, harga bakpia 99 di jogja,
Bakpia Gong
Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian yaitu dari kata “bak” yang berarti daging dan “pia” yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kum bu hitam
Di desa Pathok, dulunya penduduk tidak mengenal istilah “merek”, sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel “nomor rumah produsen”, misalnya nomor 75. Lalu muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava dan lain-lain.
Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta.

2. Pia

perbedaan bakpia dan pia, beda bakpia dan kue pia, bedanya bakpia dan pia, apa sih bedanya kue pia dan bakpia, bakpia itu apa, apa itu kue pia, gambar kue pia, gambar bakpia
Instagram via @koh_aming
 Makanan pia kacang hijau sebenarnya bukan termasuk dalam katagori makanan ringan, melainkan lebih cocok apabila dikatagorikan dalam jenis kue ataupun roti. Makanan yang berasal dari daerah Cina ini awalnya adalah makana dari daging yang dilapisi oleh kulit yang dibuat dari terigu kemudian dipanggang.
Awal mulanya makanan ini disebut bakpia namun di Indonesia sebutan kue pia lebih populer dan variasi dari isi kue ini jadi bermacam macam tidak hanya daging saja. Mulai dari isi kacang hijau, isi coklat, atau isi keju membuat makanan ini semakin menarik dan bervariasi rasanya.Tekturenya Rata rata lebih renyah dan kering dibanding bakpia.
Baik bakpia dan pia bisa lho kamu beli sebagai oleh-oleh ketika mampir ke kota Jogja. Buat beli oleh-oleh khas ini kamu bisa menggunakan aplikasi Titipku!
Nggak perlu repot buat antri untuk beli oleh-oleh khas Jogja banget. Nah udah cobain belum aplikasi Titipku?

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan