Bakso Komedi Warung Bakso Pertama Di Desa Garung

Titipku – Pada tahun 80-an dulu jaringan listrik masih sangat terbatas. Alat hiburan elektronik seperti tv masih sangat jarang karena yang punya biasanya hanya orang kaya atau tv umum di balai desa. Di balai desa Garung dulu, setiap akhir pekan sebulan sekali biasanya ada pertunjukan wayang atau ketoprak. Warga banyak yang nonton karena durasi lama, serta kadang di sela dengan makan di sekitaran balai desa Garung ini. Salah satu yang sering menjadi tempat makan di Warung Bakso Pak Komedi.

Hawa dingin di desa Garung yang terletak tidak jauh dari Objek Wisata Dieng  di Kabupaten Wonosobo ini memang cocok jika makan yang hangat-hangat seperti bakso. Pak Komedi merupakan orang pertama yang membuka warung bakso di dekat Balai Desa Garung dan dekat Pasar Garung.

Bakso jaman dulu biasanya bakso lebih sering dipikul keliling. Sering juga disebut bakso tik tok karena kalau kalau lewat bunyi kayu yang dipukul bunyinya ‘tik tok. Warung ini awal nya sangat sederhana dengan satu ruang dan 2 meja. Lantainya pun masih tanah. Bakso Pak Komedi khasnya adalah baksonya tidak terlalu besar namun terasa daging sapinya. Bakso ini juga buatan sendiri lho! Untuk menambah aroma dan rasanya maka bakso buatan Pak Komedi diberi tambahan gajih atau lemak sapi yang gurih. Mungkin bagi sebagian orang kurang suka namun memang sangat cocok karena menambah enak rasa kuah nya.

Sempat Terkena Stroke Sebelum Meninggal

Warung bakso ini laris baik siang dan malam. Lokasinya yang dekat pasar dan bali desa, serta rasa yang tetep dipertahankan, membuat bakso ini selalu laris. Pak komedi dibantu istrinya dalam berjualan dan juga mengajarkan cara membuat bakso pada istri dan anaknya. Pada tahun 90-an Pak Komedi terkena stroke yang mengakibatkan satu tangannya tidak dapat digerakkan. Namun Pak Komedi tetap  berjualan melayani konsumennya.

Ketika akhirnya Pak Komedi meninggal, istri dan anak bungsunyalah yang meneruskan usaha ini. Tentu masih dengan menu bakso gajihnya. Tapi sekarang ada juga mie ayam sebagai varian tambahan. Juga ada ceker krispi lho! Zaman boleh berubah, tapi etap saja, rasa baksonya masih sama seperti dulu suatu warisan dari Pak Komedi yang terus dilanjutkan oleh istri dan anaknya. Sampai sekarang masih tetap laris karena orang Garung sudah familiar dengan bakso ya baksonya Pak Komedi yang enak.

Warga Garung dan sekitarnya, sekarang Bakso Pak Komedi sudah tersedia di Aplikasi Titipku lho! Jadi bisa dipesan melalui online.

Larisi UMKM Ini via Aplikasi Titipku!

Jutaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selalu berharap usahanya bisa terus berkembang. Yuk larisi usaha mereka dengan membelinya melalui Aplikasi Titipku!

Artikel ini ditulis oleh : Achmad Gunadi
Direview oleh : Susi Setya

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan