Begini Cara Memasak Bebek yang Tidak Alot

bebek, duck, memasak bebek, cooking duck, direbus, diungkep, rempah, dipresto, rebus, ungkep, tidak alot, alot

bebek, duck, memasak bebek, cooking duck, direbus, diungkep, rempah, dipresto, rebus, ungkep, tidak alot, alot

Pecinta kuliner bebek, mari merapat! Bebek adalah salah satu kuliner yang memiliki cita rasa yang lezat. Bagi sebagian orang, lebih suka mengonsumsi unggas satu ini dibanding unggas lainnya (ayam, burung dara, dll). Sayangnya, bebek memiliki tekstur daging yang alot jika tidak diolah dengan benar. Biasanya, bebek akan dipresto terlebih dahulu agar empuk, namun hal ini akan menyusahkan rumah yang tidak punya panci presto. Kira-kira, ada nggak ya tips memasak bebek yang tidak alot?

Melansir dari Merdeka, berikut tips memasak beberk yang tidak a lot meski tidak memiliki panci presto.

 

  1. Rebus 30 Menit, Lalu Diungkep

Daging bebek yang sudah dibersihkan direbus terlebih dahulu selama 30 menit dengan air bersih. Setelah direbus, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya, lalu sisihkan terlebih dahulu. Sementara itu, buat bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, ketumbar, merica, jahe, kunyit, garam, dan gula. Ungkep daging bebek yang sudah direbus tadi dengan bumbu halus tersebut kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, bebek bisa langsung digoreng. Cara memasak bebek ini, selain bisa mengempukkan daging, juga membuat rasa daging bebek sangat lezat.

  1. Rebus Bersama Rempah-Rempah

Sebelum merebus, pastikan daging bebek sudah benar-benar bersih. Setelah itu, siapkan bumbu halus yang terdiri dari lengkuas, jahe, daun salam, serai, kunyit, ketumbar, asam jawa, dan air perasan jeruk nipis. Rebus daging bebek dengan volume air banyak. Masukkan bumbu halus ke dalamnya. Aduk rata. Rebus dengan api sedang selama sekitar 90 menit. Setelah itu, bebek bisa langsung digoreng. Teknik perebusan dengan waktu lama ini bisa membuat daging bebek empuk.

  1. Goreng Sampai Permukaannya Garing

Tak perlu terlalu lama dalam menggoreng daging bebek. Begitu bagian luarnya terlihat garing, segera angkat dan tiriskan. Kalau digoreng terlalu lama, dikhawatirkan daging malah akan keras dan alot.

*****

Itulah tiga tips memasak bebek agar daging tidak a lot. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa mulai dari berbelanja rempah-rempah untuk bumbu rebusan/ungkepnya. Bicara soal rempah, pasar tradisional sudah menyediakan rempah halus yang siap diolah loh. Anda tinggal beli saja dari rumah pakai aplikasi Titipku. Praktis belanjanya, banyak promonya, cepat sampainya. Tertarik? Klik di sini untuk mendownload aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan