Begini Cara Menyimpan Gula yang Benar

Pemerintah memasukkan gula sebagai salah satu sembilan bahan pokok (sembako) bukanlah karena alasan sepele. Gula sudah menjadi kebutuhan dasar manusia, mulai dari pemanis minuman hingga menyedapkan masakan. Sama halnya dengan garam, setiap rumah tangga pasti menyimpan gula di dapur mereka masing-masing. 

Karena merupakan bahan yang penting, menyimpan gula ada caranya sendiri lho! Gula yang disimpan dengan benar akan tahan lama dan tetap terjaga kualitasnya. Yuk simak cara menyimpan gula agar gula di rumah tahan lama.

 

Simpan di Wadah Tertutup

Ini sih sudah wajib banget. Menyimpan gula sebaiknya di wadah tertutup agar tidak terkena udara dan terkena bakteri atau kotoran lainnya. Agar lebih terjaga, gunakan wadah keramik atau kaca. Menyimpan gula dalam wadah plastik dalam waktu lama akan membuat rasanya berubah. Wadah tertutup juga berfungsi untuk menjaga gula agar tidak dikerubuti semut. 

Baca Juga: Anti Gosong! Tips Membuat Sirup Gula yang Benar

Simpan di Tempat Kering

Gula mudah sekali menggumpal bila diletakkan atau disimpan di tempat lembab. Untuk itu, pastikan kamu menyimpan gula di tempat yang kering. Jangan lupa juga untuk menjauhkan gula dari panas, seperti kompor atau sinar matahari langsung. Selain mudah menggumpal, gula juga akan mencair jika terkena panas. Gula yang menggumpal menandakan kualitasnya sudah tak lagi sebaik sebelumnya. Kamu bisa segera menggunakannya atau merebusnya dengan air untuk diambil air gulanya dan disimpan agar bisa digunakan nanti. 

Baca Juga: Kecanduan Gula, Apakah Mungkin?

Simpan Bersama Daun Jeruk atau Cengkeh

Jika gula sudah disimpan di wadah tertutp rapat namun tetap dikerubuti semut, kamu bisa menambahkan daun jeruk atau cengkeh di dalam wadah. Pada beras, daun jeruk berfungsi untuk mencegah kutu beras, sedangkan pada gula untuk mencegah semut. Selain mencegah semut, daun jeruk juga akan membuat gula menjadi lebih wangi jika disimpan dalam waktu lama. 

*****

Wah tidak terasa sudah pertengahan Bulan Maret. Saatnya menambah pasokan bahan pangan dan kebutuhan rumah nih. Belanja jadi lebih mudah lewat Aplikasi Titipku, mau belanja di pasar atau UMKM semua bisa bersama Titipku. Apalagi ada promo potongan ongkos kirim yang berlaku sepanjang Maret 2021. Yuk segera download dan nikmati promo ASIK GRATIS ONGKIR di Aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan