Begini Cara Merawat Sepatu yang Tepat

Titipku – Ada banyak jenis sepatu yang bisa ditemui di pasaran, mulai dari sepatu sandal, flat shoes, sepatu bertali, sepatu berhak, sampai sepatu boots. Sepatu juga terbuat dari beragam material. Ada kanvas, suede, karet, denim, kulit sintetis, bahkan kulit asli, yang biasanya bersumber dari domba, kambing, atau sapi. Perawatan setiap sepatu juga tidak bisa disamakan, lho! Nah, buat kamu yang hobi mengoleksi sepatu, simak penjelasan berikut ini supaya tidak salah memperlakukan sepatumu.

Tips Penyimpanan

Yang harus kamu lakukan pertama kali adanya menyortir sepatu mana saja yang paling sering dipakai setiap hari. Kamu bisa manyimpan sepatu yang paling sering dipakai di rak sepatu terbuka agar menjaga sirkulasi udara pada sepatu. Sepatu yang sering dipakai juga lebih sering terkena keringat, debu, dan kotoran jalanan. Kalau sepatumu basah, jangan langsung disimpan di rak karena memicu pertumbuhan jamur.

Sementara itu, untuk sepatu yang jarang dipakai, kamu bisa menyimpannya di dalam dusnya. Masukkan silica gel pada dus sepatumu untuk agar kelembapannya terjaga sehingga sepatumu tidak akan berjamur. Lakukan hal yang sama pada sepatumu yang berbahan dasar kulit. Sebagai pengingat, jangan pernah menyimpan sepatu dengan cara menumpuknya satu sama lain karena justu merusak material sepatu. 

Cara Membersihkan

Cara mencuci sepatu harus disesuaikan dengan materialnya. Kalau sepatumu terbuat dari kanvas, kamu bisa mencucinya dengan cara merendamnya sebentar kemudian menyikatnya perlahan menggunakan sikat gigi lamamu. Jangan lupa untuk menyikat bagian sol sepatu juga sampai benar-benar bersih. Setelah itu diangin-anginkan sampai kering.

Untuk sepatu berbahan dasar suede dan kulit, sangat tidak disarankan merendamnya dalam air detergen. Yang kamu butuhkan adalah sikat khusus yang mampu membersihkan kotoran pada sepatu suede-mu. Adapun sepatu berbahan kulit bisa kamu bersihkan dengan cara mengelapnya menggunakan spons (bagian yang lembut).

#dirumahaja

Perawatan yang tepat bisa memperpanjang usia sepatumu. Kini, banyak dijual produk perawatan khusus untuk sepatu, seperti sabun cuci khusus sepatu, sikat khusus, dan spray berisi pewangi agar sepatumu tidak bau apak. Menarik, yah? Nah, kalau kamu berencana untuk membereskan koleksi sepatumu di rumah dan membutuhkan berbagai produk perawatan sepatu, kamu bisa memesannya secara daring, lho! Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi Titipku kemudian mendaftarkan akun baru atas namamu. Kamu bisa mencari dan memesan beragam produk yang dibutuhkan #DariRumah secara mudah. Yuk, pakai Titipku sekarang juga!

 

Tinggalkan Balasan