Begini Cara Olah Rempah Kemiri yang Benar

Kemiri merupakan salah satu bentuk kekayaan rempah Nusantara. Bumbu dapur ini kerap digunakan untuk menyedapkan aneka masakan khas Indonesia. Kemiri biasanya menjadi rempah wajib jika kamu ingin membuat sayur trancam dan sayur asam.

Menurut Kompas.com, perlu diketahui bahwa kemiri tidak bisa dikonsumsi mentah. Hal ini dikarenakan ada zat beracun di dalam kemiri yang bisa memicu mual atau diare. Nah, berikut tips dalam mengolah kemiri yang aman dan bisa meningkatkan cita rasa.

 

Sangrai Kemiri

Cara paling populer untuk memasak kemiri adalah disangrai hingga kecokelatan. Biasanya, kemiri dimasukkan ke dalam wajan kecil dan disangrai dengan api kecil. Bagi kamu yang punya portable torch, kemiri juga bisa dibakar menggunakan alat itu.

Panggang Kemiri dengan Oven

Kemiri juga dapat dipanggang dengan menggunakan oven untuk mengeluarkan aroma dan untuk menghilangkan racun. Panggang kemiri selama satu jam dengan suhu 160 derajat celcius. Proses pemanggangan akan membuat kandungan air dalam kemiri berkurang. Metode ini bisa membuat kemiri lebih awet bila disimpan di wadah tertutup.

Pilah Kemiri

Sebelum menyangrai atau mengoven kemiri, ada baiknya untuk memilah kemiri terlebih dahulu. Pisahkan kemiri yang masih segar dengan kemiri yang sudah tidak layak pakai. Kemiri yang sudah tidak layak biasanya berbau tengik, berubah warna, atau berjamur. Jika kamu baru membeli kemiri dari pasar, kemungkinan besar kemiri masih segar semua. Tapi, jika kamu memasak dengan stok kemiri di dapur, ada baiknya untuk melihat kondisi kemirinya. Kemiri yang sudah tidak layak tentunya dapat mempengaruhi rasa masakanmu.

Usai dipilah dan dimatangkan, kemiri sudah bisa digunakan. Biasanya, kemiri akan digeprek atau dihaluskan bersama dengan rempah lainnya. Pastikan kemiri yang dihaluskan sudah mudah hancur. Jika masih keras, maka perlu untuk dipanaskan lagi.

 

Yuk mulai lihat kondisi kemiri di rumahmu, jangan sampai ada yang busuk. Jika ada yang busuk atau bahkan habis, kamu bisa beli kemiri di Titipku. Ada banyak pedagang di sekitarmu yang menjual kemiri dan siap dibeli lewat Titipku. Soal ongkir jangan khawatir, ada promo potongan ongkir yang buat ongkir hemat. Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan