Begini Tips-Tips Merawat Koper Supaya Awet

Masa pandemi membuat kita menjadi tidak pernah bepergian ke luar rumah jika tidak benar-benar penting. Bahkan saat liburan tanggal merah masyarakat tetap dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Akibatnya, barang-barang yang sering kita gunakan ketika bepergian menjadai terbengkalai begitu saja, salah satunya adalah koper. 

Saat libur panjang, liburan keluarga, atau pulang kampung saat Hari Raya Idul Fitri, koper menjadi barang wajib yang selalu kita bawa. Koper sebenarnya adalah barang yang awet. Namun, jika tidak dirawat dengan benar, koper akan menjadi bau dan cepat rusak. Yuk simak tips untuk merawat koper berikut ini. 

 

Berikan Dry Gel

Dry gel dapat menyerap bau tidak sedap jika koper disimpan dan lama tidak digunakan. Sebelum menggunakan dry gel, kamu harus membersihkan debu dan kotoran yang menempel di dalam koper terlebih dahulu. Gunakan vacuum cleaner agar lebih mudah dan cepat membersihkan bagian dalam koper. Pastikan bagian dalam koper dalam keadaan kering. Jika masih lembab, jemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu. 

Simpan di Tempat Kering

Sama dengan menyimpan barang-barang lainnya, usahakan untuk menyimpan koper di tempat kering dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Barang-barang akan menjadi lebih mudah rusak dan bau jika terekspos oleh udara yang lembab, begitu juga dengan koper. 

Selain menyebabkan bau, tempat yang lembab juga dapat mengakibatkan roda koper menjadi berkarat. Untuk mengatasi hal tersebut, berilah minyak pelumas untuk mencegah karat pada roda koper secara berkala. Untuk koper berukuran besar, simpan koper dalam keadaan berdiri agar lebih awet. 

Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan koper secara berkala jika tidak digunakan adalah salah satu cara untuk merawat koper. Untuk menghilangkan bau, kamu bisa menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan menaburkan baking soda ke setiap bagian koper dan tunggu selama satu jam. Baking soda dapat menyerap bau tidak sedap pada koper. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan vacuum cleaner lalu lap dengan perasan air lemon. Jangan lupa dikeringkan di bawah sinar matahari.

Untuk menghilangkan jamur, kamu hanya perlu menggunakan pemutih, sikat dengan bulu lembut, dan air hangat. Gosok bagian koper yang terdapat jamur dengan cairan pemutih dan sikat. Setelah semua jamur hilang, keringkan dengan dijemur terlebih dahulu. 

 

Nah, itulah tadi cara-cara merawat koper. Jika di rumah tidak ada baking soda untuk membersihkan koper, kamu bisa membelinya pakai Titipku. Belanja aja #DariRumah pakai Titipku, daripada harus belanja ke luar rumah. Belanja di pasar terdekat dari rumah pakai Aplikasi Titipku cukup duduk di rumah dan belanjaan akan diantar oleh Jatipers sampai depan rumah. Ditambah ada promo Maret Asik yang bakal buat belanjaanmu makin hemat. Yuk segera cobain Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan