Begini Porsi Ideal Konsumsi Buah per Hari

porsi konsumsi buah dan sayur, idealnya makan buah, waktu baik untuk konsumsi buah, porsi makan buah yang baik, idealnya makan buah per hari titipku

Titipku.com – Buah adalah sumber nutrisi alami yang baik dan memiliki manfaat untuk tubuh. Buah juga menjadi menu wajib bagi mereka yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Tapi untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah, ada aturan yang harus dipatuhi. Nah berapa sih porsi ideal konsumsi buah per hari?

Pada acara “Branding dan Promosi Buah Nusantara” di The Dharmawangsa Hotel. Dr. Samuel Oetoro, MS SpGK mengampanyekan hidup sehat dengan konsumsi buah. Di awal workshop. Spesialis gizi klinik ini menanyakan siapa saja yang mengawali hari ini dengn konsumsi buah serta berapa jumlahnya. Hanya sedikit undangan yang mengangkat tangan yang mana paling banyak mengonsumsi 5 porsi buah di pagi hari.

Sebelum menjawab berapa porsi ideal buah per hari, dr. Samuel mengawali presentasi dengan pengenalan radikal bebas. “Radikal bebas adalah atom yang merusak. Penyebabnya bisa dari kebiasaan merokok atau olaraga yang berlebih.”

Atom ini berkerja dengan melukai dinding pembuluh darah. Oleh karena itu lemak dan kolesterol mudah menempel. Akibatnya penyakit jantung dan kanker menyerang.”Untuk itu, kita harus membiasakan 5S yakni makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat dan lingkungan sehat.”

porsi konsumsi buah dan sayur, idealnya makan buah, waktu baik untuk konsumsi buah, porsi makan buah yang baik, idealnya makan buah per hari
Instagram via @yanchenko_oksana_

Dari kelima hal tersebut satu yang paling penting adalah pola makan sehat. Ada pula 4 hal yang harus diperhatikan yakni jumlah, jadwal, jenis dan jurus memasak.

Jumlah merupakan keseimbangan konsumsi dengan olahraga. Energi yang masuk harus seimbang dengan energi yang keluar. Terlalu banyak makan namun juga kurang berolahraga dapat menyebabkan obesitas. “Sebaliknya, olahraga berlebihan tanpa asupan yang memadai bisa menyebabkan seseorang terlalu kurus.” jelas dr. Samuel

Jadwal makan juga harus dijaga. Yakni 3kali sehari dan tepat waktu. Mengurangi makan justru bisa menurunkan metabolisme tubuh untuk pembakaran lemak.

Porsi Ideal Konsumsi Buah per Hari yang Harus Kamu Tahu

Jenis-jenis makanan yang kita konsumsi harus diperhatikan. Misalnya dengan mengganti karbohidrat simpel seperti nasi putih dan roti putih dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan roti gandum. Sumber karbohidrat simpel mudah dicerna tubuh oleh karena menaikkan gula darah. Sementara itu, karbohidrat kompleks akan mengenyangkan lebih lama karena lambat diproses oleh tubuh.

Dr. Samuel Oetoro mewajibkan konsumsi sayur dan bua setiap hari. Buah segar mengandung phytochemical yakni cat warna pada kulit dan daging buah yang berfungsi sebagai antioksidan.”Antioksidan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.”

Di dalam buah juga tersimpan air, elektrolit, vitamin, mineral, serat, serta prebiotik. “Agar mendapatkan manfaat optimal, kita perlu mengonsumsi 10 porsi, 10 macam, dan 10 warna buah dan sayur.

porsi konsumsi buah dan sayur, idealnya makan buah, waktu baik untuk konsumsi buah, porsi makan buah yang baik, idealnya makan buah per hari
Instagram via @tritjahyani

Buah dan sayur memang paling baik dimakan dalam bentuk segar. Akan tetapi ada cara lain untuk mempermudah konsumsi yakni dengan blender dan juicer. Hanya jika juicer dihasilkan sari buah tanpa serat.

Saran dari dr. Samuel sendiri adalah pilih blender dengan RPM (putaran) tinggi. Lalu campurkan es batu bersama buah untuk mencegah suhu akibat putaran.

Konsumsi serat ideal per hari adlaah 25 gram. Nah rata-rata orang Indonesia mengasup 10-15 gram. Makanya beliau membelikan tips mudah.”Saat makan salak da jeruk, kulit arinya jangan dibuang karena itulah sumber serat untuk memperlancar pencernaan.”

Ia juga memberikan tips teknik memasak yang dianjurkan da yang perlu dihindari.”Sebaiknya masak makanan dengan cara dikukus, direbus, dipepes, dipanggang, atau dimasak kuah. Kurangi konsumsi makanan yang ditumis, digoreng, dimasak dengan suhu tinggi, diawetkan atau diasapi.” pungkasnya.

sumber: https://food.detik.com

Yuk Beli Buah-Buahan Segar dari Pasar Melalui Titipku!

Penuhi kebutuhan buahmu setiap hari dengan order melalui Titipku. Buah yang kamu beli akan diambil langsung dari pasar. Tidak hanya tubuh saja yang semakin sehat, namun senyum bahagia pedagang yang jualannya habis setiap hari. 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan