Berbuka dengan Kurma Sehat Banget! Ini Faktanya

Kamu pasti sudah sering mendengar anjuran untuk berbuka puasa dengan makan buah kurma. Meskipun terdengar seperti sebuah tradisi, faktanya, berbuka dengan buah kurma memang pilihan yang tepat selama bulan puasa. Nabi Muhammad pun menganjurkan untuk membatalkan puasa dengan makan buah kurma jika memungkinkan. 

Ketika dikonsumsi secara rutin, buah kurma banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, buah kurma juga menjadi menu yang tepat untuk membatalkan puasa jika dilihat dari sisi medis. Yuk simak alasannya!

 

 

Mengandung Gula Alami
manfaat berbuka dengan kurma
Sumber: https://elshinta.com/infografik/155/7-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-tubuh

Kamu pasti sudah tahu kan kalau kadar gula darah dalam tubuh akan menurun selama berpuasa? Nah, buah kurma mengandung gula alami seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini membantu menaikkan kadar gula dalam darah kembali normal dan juga menstabilkannya. Ketika kadar gula darah kembali normal, tubuh pun akan kembali memiliki energi untuk melakukan aktivitas lainnya. 

 

Kaya akan Serat

Setelah seharian tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun, kerja sistem pencernaan tubuh menurun. Langsung makan makanan berat ketika berbuka bukanlah pilihan yang tepat karena sistem pencernaan belum terbiasa untuk mencerna kembali makanan yang masuk. Buah kurma, selain mengandung gula alami, juga kaya akan serat dan mudah dicerna. Memakan buah kurma untuk berbuka membantu sistem pencernaan tubuh untuk perlahan kembali bekerja secara normal. 

Baca Juga: Konsumsi Biji Kurma dan Rasakan Khasiatnya

Kaya Vitamin dan Mineral

Lebih dari 90% tubuh manusia merupakan cairan. Selama puasa, cairan tubuh akan terus berkurang sampai diberi asupan nutrisi kembali. Buah kurma mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, zat besi, dan magnesium. Artinya, buah kurma mampu mengembalikan kembali mineral yang hilang selama berpuasa. 

Selain itu, buah kurma juga mengandung kalori yang diperlukan tubuh. Meskipun jumlahnya tidak besar, namun setidaknya cukup untuk membuat tubuh merasa kenyang sementara.

 

 

Wah, ternyata makan buah kurma saat buka puasa bukan hanya sebuah tradisi ya! Buah kurma bermanfaat banget untuk kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi selama bulan puasa. Untuk mendapatkan buah kurma favoritmu dengan mudah, bisa banget nih belanja lewat Aplikasi Titipku. TIdak hanya buah kurma saja lho, buah dan sayuran segar untuk menu berbuka lainnya juga bisa banget dicari di Titipku. Tinggal pesan pakai aplikasi, bayar, dan tunggu Jatiper Titipku mengantarkan pesananmu. Yuk segera unduh Aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan