Berjemur Ternyata Dapat Mengurangi Rambut Rontok, Lho!

TitipkuRambut rontok seringkali menjadi permasalahan serius bagi kaum wanita. Berbagai hal dan alternatif perawatan dilakukan untuk mengurangi kerontokan. Penanganan rambut rontok perlu memperhatikan sebab kerusakan rambut agar tidak salah penanganan.

Lalu, apa sebenarnya penyebab rambut rontok?

Faktanya, rambut rontok terjadi karena kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi berfungsi sebagai nutrisi pada folikel. Folikel merupakan pori-pori kecil tempat bertumbuhnya rambut baru. Folikel dapat dirangsang dengan vitamin D. Itulah yang menyebabkan kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rambut rontok dan mengalami kebotakan atau sering disebut alopecia.

Vitamin D dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti ikan, kuning telur, jamur, susu, dll. Selain itu, vitamin D juga dapat diproduksi oleh tubuh melalui bantuan sinar matahari. Sinar matahari menghasilkan sinar UV (Ultraviolet) yang apabila menyentuh permukaan kulit dapat diolah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin inilah yang menjalankan fungsi metabolisme dan memperkuat imunitas tubuh.

Seperti halnya bagian tubuh lain, rambut juga membutuhkan cukup nutrisi agar tumbuh dengan baik. Rambut yang ternutrisi akan semakin kuat dan tidak mudah patah atau bahkan rontok. Untuk itu, bagi yang mempunyai masalah pada rambut khususnya kerontokan, berjemur adalah solusi
alternatif yang dapat dilakukan. Selain gratis, berjemur juga tidak memerlukan perlakuan khusus. Hanya saja kamu perlu memperhatikan waktu yang cocok.

Kapan waktu yang tepat untuk berjemur?

Banyak sumber mengatakan waktu terbaik untuk menangkap sinar ultraviolet untuk diproduksi oleh tubuh adalah pada pagi hari. Tepatnya pukul 07.00-10.00. Rentang waktu itu matahari tidak begitu terik dan sinarnya menyehatkan untuk kulit. Jadi, bagi kamu yang ingin mendapatkan hasil memuaskan saat berjemur, lakukanlah pada pagi hari di rentang waktu tersebut.

Di mana tempat yang cocok untuk berjemur?

Biasanya berjemur juga memerlukan tempat-tempat nyaman. Kamu juga perlu memastikan tempat yang dipakai sudah mendapatkan paparan cahaya matahari yang cukup. Kamu dapat membuat tempat sederhana seperti ruangan terbuka yang berisikan kursi dan meja kecil. Pastikan tidak ada bangunan atau pepohonan yang menghalang-halangi hampiran sinar matahari ke tubuh.

#dirumahaja

Mau rambut lebih ternutrisi di samping mendapatkan vitamin alami? Kamu dapat menemukan aneka produk untuk kesehatan rambut dan kulit kepala melalui toko-toko terdekat yang dijangkau dengan aplikasi Titipku. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi toko-toko terdekat lokasi tempat tinggalmu dan kamu dapat berbelanja cukup dirumah aja. Ayo tunggu apa lagi, sayangi kulit kepala karena rambut indah mahal harganya.

Tinggalkan Balasan