Bosan dengan Model Jaketmu yang Itu-Itu aja? Upcycling!

Titipku – Kamu merasa bosan dengan jaketmu yang itu-itu saja? Model yang sama, warna yang mulai pudar, atau jahitan dan kancing yang terlepas mungkin menjadi beberapa faktor yang membuat jaketmu sudah ketinggalan jaman. Kamu tak perlu khawatir. Yuk, keluarkan bakat terpendammu dalam bermain kain warna-warni! 

Kalau kamu pandai menjahit, ada baiknya kamu juga mulai mencoba untuk melakukan upcycling. Selain melatih kembali kemampuanmu mengoperasikan mesin jahit, kelihaianmu untuk mengombinasikan warna juga diuji. Kamu juga bisa meminta tolong pada kakak, bunda, atau tante kalau kamu merasa jahitanmu kurang rapi. Jadikan upcycling ini sebagai kegiatan menarik yang membuatmu menjadi lebih dekat bersama keluarga.

Siapkan Kain Perca

Coba tengok lagi lemari baju dan koleksi kaos-kaos lamamu yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa memanfaatkan beberapa bagian dari kaosmu yang sudah tidak terpakai itu untuk dijadikan sebagai bahan modifikasi. Kamu bisa menggunting huruf-huruf atau gambar pada kaos lamamu dan dijahitkan pada beberapa sisi jaketmu secara abstrak.

Sumber: Unggahan Instagram @dianarikasari

Baca juga: Limbah Plastik dan Perca Dimanfaatkan Oleh Pak Rano Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Bermain Warna dengan Cat

Ada beberapa jenis cat yang bisa dipakai untuk melukis pada media kain. Mengutip dari fitnline.com, kamu bisa memakai cat acrylic dan cat textille untuk membuat lukisan pada jaket modifikasimu. Kedua jenis cat itu dapat menghasilkan warna yang tahan lama, jadi tak perlu khawatir kalau lukisanmu akan luntur. Perbedaannya terletak pada hasil akhir lukisanmu. Hasil cat acrylic terasa sedikit lebih kaku daripada cat textile. 

Baca juga: 2 Tips Kreasikan Baju Lama Jadi Baru Kembali!

Sulam dengan Benang Warna-Warni

Sumber: Unggahan Instagram @nonakeddenim

Kamu juga bisa menyulam pada jaketmu. Teknik menyulam sendiri sangat mudah. Yang diperlukan adalah kesabaran dan ketelatenan agar hasil sulaman terlihat cantik dan benang-benangnya tersusun rapi. Tambahkan manik-manik atau kancing baju dengan aneka warna agar jaket lamamu menjadi lebih stylish. Tugasmu selanjutnya adalah memastikan proses pencucian jaket selanjutnya agar tidak merusak manik-manik dan sulamanmu.

#DIRUMAHAJA

Bagaimana? Mengisi waktu luang dengan upcycling bisa jadi salah satu alternatif dalam menghadapi pandemi corona ini, bukan? Kamu juga bisa kembali memanfaatkan baju-baju dan bahan-bahan yang tersedia di rumah untuk memaksimalkan hasil jaket kreasimu. Jika tertarik untuk memodifikasi jaketmu dengan lukisan tetapi tidak ada jenis cat untuk kain, kamu bisa memesan secara daring. Tenang saja, semua pesananmu dapat diperoleh #DariRumah lewat aplikasi Titipku. Kamu juga bisa membeli benang untuk sulaman, kancing yang lucu, dan manik-manik sesuai keinginanmu di Titipku. Yuk, belanja dan berpartisipasi memajukan pegiat UMKM Indonesia! Klik di sini, ya! Dengan berbelanja di Titipku, kamu juga turut membantu para pegiat UMKM Indonesia. Tenang saja, barang belanjaanmu akan diantar sampai rumah. Mari ajak keluarga belanja di Titipku!

——-  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tips Kombinasi Warna Pakaian Untuk Kalian, Para Cowok

Tinggalkan Balasan