Ternyata Tidak Semua Pisang Bisa Digoreng Lho!

Titipku – Kalau ditanya apa makanan khas Indonesia, mungkin gorengan bisa jadi salah satunya. Entah mengapa masyarakat Indonesia sangat suka dengan makanan-makanan yang serba digoreng, dari tempe goreng, tahu goreng, bakso goreng, pisang goreng, bahkan kol dan terong goreng. Memang gorengan terasa nikmat apalagi jika dimakan selagi hangat di saat musim hujan. Asalkan tetap mengingat jumlah kolesterol dan lemak yang dikonsumsi setiap harinya. 

Ngomong-ngomong soal gorengan, kamu tau gak sih kalau tidak semua jenis pisang itu bisa digoreng? Jenis pisang yang beragam menghasilkan karakteristik yang berbeda pula. Pisang yang bisa digoreng adalah pisang dengan tekstur padat dan agak keras sehingga tidak mudah hancur ketika digoreng. Nah berikut ini adalah jenis-jenis pisang yang cocok untuk digoreng. Baca Selengkapnya

Hindari Membeli Telur Busuk dengan Tips Berikut

Titipku – Telur merupakan salah satu sembilan bahan pokok (sembako) yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk dijadikan lauk, tetapi juga sebagai bahan adonan membuat kue, bahkan masker kecantikan. Dari segi kandungan nutrisi, telur memang sangat baik dikonsumsi. Tidak heran banyak olahan-olahan makanan yang menggunakan telur sebagai bahan tambahan. 

Karena banyaknya permintaan telur, tidak sedikit penjual telur yang melakukan tindakan curang agar mendapat keuntungan lebih seperti dengan cara menjual telur yang sudah busuk. Kamu harus memperhatikan telur sebelum membeli, apalagi ketika membeli dalam jumlah yang banyak. Pastikan kamu tidak membeli telur busuk dengan tips berikut. Baca Selengkapnya

NAIKAN IMUNITAS, INI 5 OLAHRAGA YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH

Titipku – Cara menaikan imunitas tubuh salah satunya yaitu dapat dilakukan dengan berolahraga. Namun dalam masa pandemi COVID-19 kamu tidak mungkin bisa berolahraga di luar rumah, Hal itu tentu dapat membahayakan diri dan orang lain.

Nah ternyata ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah, sehingga kamu bisa berolahraga dengan nyaman, menyehatkan, dan aman.

Squad

Squat adalah latihan otot yang efektif banget buat mengencangkan area paha belakang, pantat, dan paha tengah. Gerakan dimulai dengan berdiri tegak dengan kaki sejajar bahu, kemudian turunkan pinggul seperti berjongkok namun tidak sampai bawah (setengah berjongkok). Lakukan gerakan tersebut dengan dada tegap, dan pandangan lurus. Lakukan sekitar 3 set dengan masing-masing set 20 kali. Baca Selengkapnya

CARA MENYIMPAN BUAH-BUAHAN SUPAYA TETAP SEGAR

Titipku – Tau kah kamu  ternyata menyimpan buah tidak bisa dilakukan sembarang lho. Jika  disimpan tidak tepat maka buah akan cepat layu dan menjadi tidak segar? Nah simak yuk  cara menyimpan buah berdasarkan jenisnya dilansir dari berbagai sumber:

Cara Menyimpan Buah

Buah Apel dan Pir

Sebenarnya, menyimpan apel atau pir sangat mudah, cukup di dalam suhu ruangan. Namun, untuk menjaga kesegaran dan rasanya, lebih baik simpan di dalam kulkas.

Buah ini dapat memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding yang lainnya. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan. Baca Selengkapnya

Selain Untuk Onde-Onde, Apa Saja sih Manfaat Biji Wijen?

Titipku – Wijen adalah jenis biji-bijian kecil yang biasa dipakai untuk luaran akanan khas nusantara, onde-onde. Tapi tak hanya onde-onde, banyak kue maupun roti, bahkan sushi yang menggunakan biji wijen sebagai taburan luar atau topping. Tak hanya warna putih, ternyata wijen juga ada yang berwarna hitam.

Biji wijen didapatkan dari tumbuhan wijen (Sesanmum indicum L. syn) dan berasal dari Asia dan Afrika Timur. Wijen juga dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati yaitu minyak wijen.

Di Indonesia, tanaman wijen banyak dibudidayakan di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Lampung, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo. Tanaman wijen bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis, memang. Baca Selengkapnya

Manfaat Pala, dari Rempah Hingga Minyak Wangi

Titipku – Pala adalah salah satu komoditas rempah terbesar di nusantara. Bukan hal yang mengejutkan pula, jika Indonesia memiliki asset rempah yang sangat melimpah sejak zaman dulu. Jika tidak demikian, bangsa Eropa pada kala itu tak mungkin mau jauh-jauh berlayar ke nusantara hanya untuk mendapatkan aneka rempah.

Indonesia bagian tengah dan timur adalah wilayah penghasil rempah terbanyak. Pala pun banyak ditemui di wilayah ini, apalagi pala ada beberapa jenis.

  1. M. speciaosa, banyak terdapat di Pulau Bacan.
  2. M. succeanea, terdapat di Pulau Halmahera
  3. Myristica fragrans, merupakan jenis pala utama dan mendominasi jenis lain pada segi mutu maupun produktivitas. Pala jenis ini merupakan pala asli Pulau Banda.
  4. M. argenta Warb atau lebih dikenal dengan Papuanoot asil dari Papua. Banyak tumbuh di hutan-hutan, namun sari segi mutu masih dibawah Pala Banda.
  5. M. scheffert Warb, banyak terdapat di hutan-hutan Papua.

Aslinya, pala memang berasal dari Pulau Banda. Tapi sekarang sudah tersebar di daerah-daerah lain Indonesia. Rata-rata, pohon pala bisa tumbuh dengan baik di daerah pegunungan. Tumbuhnya bisa mencapai 18 meter dan berdiameter 35-45 cm. Baca Selengkapnya

Vanila dan Vanili, Apakah Beda? Yuk, Simak Ulasan Berikut

Titipku – Vanila adalah salah satu rasa yang juga popular pada makanan manis, seperti es krim, kue, minuman, pudding, dan lain-lain. Selain rasanya yang khas, vanilla juga memiliki aroma yang wangi.

Pernahkah berpikir, vanilla itu produk asli Indonesia atau dari negara lain? 

Ternyata, di Indonesia sendiri juga memiliki asset perkebunan vanilla yang sangat besar. Bagi masyarakat Indonesia, sebagian besar lebih akrab dengan sebutan vanili daripada vanilla.

Penghasil vanilla di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Kualitasnya juga tak main-main. Vanili bahkan menjadi salah satu komoditas yang penting bagi perekonomian nusantara. Bahkan kualitasnya mengalahkan negara asal tanaman ini, yaitu Meksiko. Baca Selengkapnya

Kesegaran Trancam Kuliner Khas Nusantara

Titipku – Nusantara kaya akan keberagaman kuliner khas dengan bumbu rempah yang melimpah pula. Tak heran jika berbagai daerah memiliki masakan tradisionalnya. Seperti halnya di Jawa. Berbagai sayuran dapat tumbuh dengan subur di wilayah yang banyak dataran tinggi dan pegunungan ini. 

Keberagaman tanaman sayur yang ada di wilayah Jawa ini selaras dengan berbagai makanan khas yang dimilikinya. Sebut saja trancam. Trancam merupakan olahan sayur yang disajikan cukup dengan dipotong-potong lalu dicampurkan dengan bumbu tanpa dimasak. Komposisinya meliputi kacang panjang, mentimun, tauge, daun kemangi. Beberapa ada yang dicampur dengan daun pepaya untuk memberikan rasa pait nan segar. Baca Selengkapnya

Sayang Dibuang, Batang Pisang Merupakan Makanan Lezat

Titipku – Pisang merupakan tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat. Terlebih di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Pisang tergolong dalam tanaman dengan kemampuan berkembang biak cukup cepat. Tak heran jika dalam waktu sebentar pisang dapat tumbuh merajalela di sekelilingnya. Selain jenis pisang yang banyak ditemukan, tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas ini memiliki banyak manfaat mulai dari buah hingga batangnya.

Manfaat Pisang

Selain terkenal dengan buahnya yang kaya akan serat dan nutrisi lain, pisang ternyata dapat dimanfaatkan mulai dari daun hingga batangnya. Daun pisang biasa digunakan sebagai pengganti kertas minyak untuk membungkus makanan. Bahkan, makanan yang dibungkus dengan daun pisang akan memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang dibungkus plastik atau kertas minyak. Makanan akan terasa lebih segar ketika dipadukan dengan daun pisang. Biasanya daun pisang ini sering kita dapati di tempat-tempat penjualan makanan tradisional maupun rumah makan dengan sajian menu tradisional. Baca Selengkapnya

Intip Nutrisi Kentang Merah, Umbi Kaya Manfaat

Titipku – Kentang tergolong dalam jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan karbohidratnya. Biasanya kita sering mendapati kentang kuning saja di pasaran. Namun, jangan salah. Ternyata kentang mempunyai banyak varian, loh. Setidaknya ada 5 jenis kentang yang perlu kamu ketahui. Diantaranya adalah kentang putih yang cukup hambar dan mudah hancur bila dimasak terlalu lama, kentang kuning dengan tekstur padat yang biasa kita temui di pasar, kentang merah dengan kulit merah cukup sulit ditemui namun punya manfaat yang ampuh lawan penyakit, kentang hijau yang biasa digunakan untuk campuran masakan, dan kentang hitam yang dikonsumsi bersamaan dengan sayuran maupun salad. Baca Selengkapnya