Buah Ini Bisa Tingkatkan kekebalan Tubuh di Masa Pandemi

buah, buah-buahan, apel, pisang, pepaya, jeruk, kekebalan tubuh

buah, buah-buahan, apel, pisang, pepaya, jeruk, kekebalan tubuh

Kita tahu bahwa kondisi pandemi di Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Angka penderitanya semakin hari semakin bertambah banyak. Dan kita sebagai warga negara pun harus menerima konsekuensi dengan harus menjalankan semua aktivitas di rumah kembali dan tetap meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.

 

Salah satu cara agar kita terhindar dari ancaman virus adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui asupan makanan sehat dengan gizi seimbang. Salah satu sumber gizi adalah buah-buahan. Melansir dari Kompas.tv, ada lima jenis buah yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut daftarnya:

 

  • Jeruk

Buah jeruk yang memiliki rasa asam atau manis banyak mengandung vitamin C. Tingginya kadar vitamin C pada buah jeruk memungkinkan untuk dikonsumsi sebagai pencegah maupun penyembuh penyakit influenza. Vitamin C berperan sebagai zat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas hasil oksidasi lemak, sehingga dapat mencegah beberapa penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Apel

Buah apel mempunyai kandungan air dan vitamin yang tinggi. Apel membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Apel juga dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Manfaat apel lainnya yang baik adalah menstabilkan gula darah di dalam tubuh hingga mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

  • Pepaya

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, terutama kadar vitamin C dan vitamin A. Kandungan vitamin E, C, dan A pada buah pepaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga mencegah terkena penyakit infeksi seperti flu dan pilek.

Pepaya juga termasuk buah dengan kandungan kalori yang rendah. Pepaya menjadi buah yang mampu mengatasi sembelit karena melancarkan sistem pencernaan. Adanya kandungan enzim papain pada buah pepaya membuat protein menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

  • Jambu Biji

Buah jambu biji adalah jambu dengan daging yang tidak terlalu berair. Buah ini memiliki warna putih atau merah muda dengan biji-biji kecil pada bagian tengah. Kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Mengkonsumsi vitamin C pun berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal virus.

Manfaat jambu biji lainnya adalah sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini didapat dari kandungan serat yang tinggi pada jambu biji sehingga dapat mencegah sembelit.

  • Pisang

Buah pisang adalah buah dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup. Pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, dan mengandung vitamin C. Kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung, tekanan darah, dan membantu pengiriman oksigen ke otak.

 

Butuh buah-buahan di atas untuk dipasok di rumah selama pandemi? Beli saja #DariRumah pakai Titipku. Di Titipku, banyak pedagang buah dari pasar di sekitar Anda yang menjual buah-buahan di atas. Anda tinggal membelinya secara online, membayarnya secara cashless, dan tinggal tunggu Jatiper mengantarkan pesanan di waktu yang sudah Anda tentukan. Praktis kan? Yuk download Titipku sekarang dan belanja buah dari rumah saja!

Tinggalkan Balasan