Buat Hand Sanitizer Lebih Wangi dengan Ini

Titipku – Saat ini pandemi masih belum usai. Sebagai warga negara yang taat, ada baiknya kita tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada dengan menerapkan 4M (mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan).

Salah satu produk pembersih tangan yang sering digunakan yaitu hand sanitizer. Produk ini lebih mudah dibawa kemana-mana dan bisa kita gunakan di saat tidak ada sumber air di dekat kita. Namun, hand sanitizer berefek samping membuat tangan mudah kering karena kandungan alkoholnya. Selain itu, aroma alkohol di hand sanitizer kadang terlalu tajam sehingga membuat tangan berbau tidak enak.

Nah, cara membuat hand sanitizer lebih wangi bisa dengan mencampurkan minyak esensial. Minyak esensial bisa langsung dicampurkan saat proses pembuatan hand sanitizer sehingga membuat hand sanitizer lebih wangi. Namun, kamu juga bisa mencampurkan bahan alami lain yang tidak hanya membuat harum, tapi juga bermanfaat bagi kulit.

 

  1. Minyak Jeruk

Jeruk selama ini dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Tapi, ternyata jeruk juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai antiseptik. Kandungan antioksidan pada jeruk baik untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit tangan. Artinya, dengan mencampurkan minyak jeruk ke dalam bahan hand sanitizer akan berfungsi sebagai pelembut dan pelembab.

Baca Juga: Meski Sangat Asam, Ternyata Jeruk Nipis Punya Banyak Manfaat!

  1. Minyak Kayu Manis

Bahan yang digunakan untuk cara membuat hand sanitizer alami selanjutnya adalah kayu manis. Bumbu masakan ini diketahui mempunyai sifat anti-mikroba dan anti-bakteri. Aromanya yang khas, juga membuatnya cocok digunakan sebagai campuran bahan hand sanitizer lainnya. Namun, mengingat bentuk hand sanitizer yang cair, ada baiknya kayu manis yang digunakan sudah dalam bentuk minyak esensial.

  1. Lemon

Cara membuat hand sanitizer lebih wangi selanjutnya adalah dengan menggunakan buah lemon. Sama seperti jeruk, lemon juga diyakini menjadi salah satu jenis buah yang mempunyai sifat anti-bakteri dan anti jamur. Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena tingkat keasaman yang dimiliki buah berwarna kuning cerah ini.

Baca Juga: Mentimun Lemon, Si Mungil Banyak Manfaat

Untuk digunakan sebagai bahan hand sanitizer, sebaiknya lemon dibuat berbentuk ion bebas hidrogen terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampur air asam dengan garam. Ion bebas hidrogel diyakini bisa berkhasiat membunuh bakteri di tangan.

  1. Minyak Lavender

Lavender selama ini dikenal sebagai jenis tanaman yang berkhasiat mengusir nyamuk. Namun ternyata lavender tidak hanya bisa menghempaskan nyamuk. Bakteri dan virus juga bisa dihilangkan dengan minyak lavender.Minyak lavender yang sering digunakan sebagai aroma terapi, juga mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Bahkan, minyak lavender juga relatif aman digunakan untuk kalian yang mempunyai kulit sensitif.

*****

Mau beli bahan-bahan pewangi untuk hand sanitizer? Cukup order melalui aplikasi Titipku. Aplikasi terpercaya yang bisa membantu belanjamu lebih mudah dan aman. Ada sejumlah promo menarik juga yang bisa kamu pakai. salah satunya adalah promo Happy Monday!

Mau? Download Titipku sekarang!

Promo Happy Monday.

Tinggalkan Balasan