Tips Membuat Kaldu Daging yang Tidak Terlalu Berminyak

sup, soup, sup kaldu, broth, soup, sup kaldu daging, kaldu daging, tidak berminyak, tidak terlalu berminyak

sup, soup, sup kaldu, broth, soup, sup kaldu daging, kaldu daging, tidak berminyak, tidak terlalu berminyak

Sup dengan kaldu daging sangatlah menggoda. Rasa gurih dan cita rasa yang khas akan langsung memeluk lidah kita saat kita mencicipi kuahnya di sendokan pertama. Makanan ini sangat cocok jika dikonsumsi di cuaca hujan seperti saat ini. Sayangnya, banyak kuah sup yang terlalu berminyak. Minyak ini bisa didapat dari kaldu daging yang kita buat atau adanya tambahan minyak yang kita gunakan saat mengolah sup. Jika terlalu berminyak, pastilah akan menciptakan rasa eneg saat kita konsumsi.

Melansir dari Merdeka, berikut beberapa tips agar sup kaldu daging yang kita buat tidak terlalu berminyak dan membuat eneg.

 

  1. Gunakan Kaldu Beku

Buat kaldu beberapa hari sebelumnya atau gunakan kaldu cadangan yang telah dibekukan. Biasanya lemak akan terpisah dan berada di bagian paling atas berwarna putih. Buang bagian lemak dan minyak ini dari kaldu, lalu gunakan airnya/bagian bawahnya saja. Cara ini merupakan cara paling mudah untuk membuat sup kaldu daging yang Anda buat tidak terlalu berminyak.

  1. Gunakan Daging yang Lemaknya Sedikit

Jika memungkinkan, gunakan daging yang memiliki sedikit lemak. Jika ada lemak yang menempel, buang dan gunakan dagingnya saja. Hal ini juga menjadi cara yang cukup mudah untuk membuat kaldu yang tidak terlalu berminyak.

  1. Buang Minyak dan Lemak yang Mengapung

Sebelum diolah lebih lanjut menjadi sup, soto atau yang lainnya, dinginkan kaldu lebih dulu. Tunggu hingga lemak dan minyaknya mengapuk di atas, kemudian ambil dengan sendok sayur. Cara unik menghilangkan lemak lainnya yang bisa digunakan adalah dengan memberi es batu pada sendok sayur atau dinginkan sendok sayur. Jika permukaan luar sendok sayur sudah dingin, tempelkan bagian bawah sendok sayur dengan permukaan yang berlemak. Nantinya, lemak akan menempel di bagian bawah sendok sayur. Siapkan tempat sampah dan sendok, lalu bersihkan lemak yang menempel di bagian bawah sendok sayur. Ulangi hingga lemak terangkat.

  1. Jangan Menambahkan Minyak

Ketika menumis bumbu sup, jangan menambahkan minyak lagi. Gunakan minyak yang ada pada kuah dengan cara menyendok lemak secukupnya. Tuang ke dalam wajan dan tunggu hingga airnya habis, setelah itu gunakan untuk menumis bumbu. Tak perlu menggunakan minyak lagi.

  1. Saring Kaldu dengan Kain

Jika diperlukan, saring kaldu yang sudah dibuat dengan kain bersih. Lemak dan minyak dari kaldu akan tertahan di kain dan terpisah dari kuah kaldunya. Jangan lupa, bersihkan atau ganti baru kain setelah digunakan.

*****

Itulah beberapa cara membuat kaldu daging yang tidak terlalu berminyak. Jika Anda membutuhkan daging atau tulang untuk membuat kaldu, belanja saja di Titipku. Pilihan daging di Titipku lengkap dan cara belanjanya juga praktis. Klik di sini untuk download dan mulai belanja menggunakan Titipku.

Tinggalkan Balasan