Buka Puasa dengan Minuman Bersoda? Tanggung Risikonya Ya

soda, minuman bersoda, minuman soda, minuman berkarbonasi, karbonasi

soda, minuman bersoda, minuman soda, minuman berkarbonasi, karbonasi

Titipku – Saat berbuka puasa, kebanyakan orang akan langsung memenuhi cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Mereka akan mengambil segelas air putih, teh, susu, ataupun sup buah untuk membatalkan puasa. Namun, ada juga loh yang berbuka puasa dengan minuman berkarbonasi atau minuman bersoda. Padahal, hal ini sangat berbahaya jika dilakukan.

Minuman bersoda jika dikonsumsi saat buka puasa akan membuat tubuh kaget. Pasalnya, setelah 13 jam perut kosong kemudian semena-mena diisi minuman bersoda yang membuat begah perut. Minuman berkarbonisasi juga mengandung kalori tinggi. Dua hal ini menjadi faktor yang membuat minuman bersoda tidak baik jika dikonsumsi saat berbuka.

Selain dua faktor di atas, ternyata mengonsumsi minuman bersoda, baik untuk berbuka puasa atau tidak, juga berdampak buruk untuk kesehatan loh, di antaranya:

 

  1. Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute di Swedia menemukan bahwa orang yang minum dua kaleng (200 ml) soda setiap hari mengalami peningkatan risiko diabetes hingga 2,4 kali lipat. Sedangkan, jika kamu minum soda hingga 1 liter setiap hari, risiko tersebut akan melonjak hingga 10 kali lipat.

 

  1. Penyakit Jantung

Memiliki kebiasaan minum soda setiap hari? Hati-hati penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan pada penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal tahun 2015. Penelitian yang dilakukan pada 42.000 pria Swedia selama 12 tahun itu menemukan bahwa pria yang minum 2 kaleng soda setiap hari mengalami peningkatan risiko gagal jantung hingga 23%.

 

  1. Stroke

Menurut studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, minum soda dapat meningkatkan risiko stroke hingga 16%. Peningkatan risiko ini sejalan dengan jumlah soda yang kamu minum setiap hari. Semakin banyak soda yang diminum dalam sehari, semakin besar pula risiko stroke yang kamu miliki.

 

  1. Kanker

Sebuah studi di Singapura yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology mengungkapkan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman ringan lebih dari 2 kali dalam seminggu berisiko mengalami kanker kelenjar pankreas.

 

Ternyata berbahaya banget ya. Untuk berbuka puasa, gantilah dengan minuman yang lebih sehat, seperti air putih. Di luar urusan puasa, kamu juga lebih baik mulai mengurangi minuman bersoda demi kesehatanmu sendiri.

Lagipula, masih banyak minuman segar dan nikmat lainnya yang bisa kamu beli pakai Titipku. Mulai dari susu, yoghurt, atau jus buah, semua tersedia. Tinggal pesan saja pakai aplikasi dan nanti pesananmu akan diantar oleh Jatiper. Yuk download aplikasinya di sini.

Tinggalkan Balasan