Buka Usaha di Tahun 2018? Hindari Kesalahan Fatal Berikut

strategi bisnis

www.titipku.com – Hampir tidak pernah habis untuk dibahas tentang munculnya tren baru dan tips menarik untuk Anda yang ingin bisnis sendiri. Tidak selalu bisnis besar, Anda juga bisa memulainya dari bisnis rumahan Anda. Selagi tekun, berani bermimpi besar, siap melakukan ekseskusi dan strategi yang dicanangkan dan konsisten, bersiaplah untuk mencapai puncak Anda raih.

Saat memulai bisnis, rintangan selalu menjadi teman setia. Disinilah ketahanan diuji. Anda akan menyerah atau tetap bertahan sembari mengoreksi kesalahan tersebut?

Dilansir dari pandagila.com, berikut adalah kesalahan fatal yang harus dihindari jika ingin buka usaha di tahun 2018.

  1. Kurang Jeli dalam Mengambil Peluang

Memulai usaha baru, tidak jarang banyak masih ketakutan mengambil resiko. Ada perasaan cemas, bayangan kegagalan, atau bahkan terlalu banyak pertimbangan yang membuat Anda pada akhirnya tidak jeli dalam mengambil peluang. Yang namanya usaha, bukan melulu soal bekerjasama namun juga momentum dengan sebaik-baiknya.

  1. Tidak Memahami Seluk Beluk Bisnis

Banyak orang membuka usaha berdasarkan iming-iming kesuksesan orang lain. Lalu membuka usaha serupa tanpa kenal seluk beluk bisnis tersebut tanpa menyiapkan strategi matang. Padahal, namanya usaha tentu perlu mempersiapkan strategi matang. Cukup luangkan waktu untuk melakukan penelitian, ikut seminar bisnis, membaca buku, ikut workshop, membaca artikel terkait bisnis yang Anda ingin gali.

  1. Kurang Peka Mengenali Target Market

Salah satu point vital dalam keberhasilan sebuah bisnis adalah mengenali market atau pasar. Pekalah dengan segala kebutuhan Anda. Siapkan produk dan layanan yang bisa memenuhi keinginan mereka. Bisnis Anda telah selangkah di depan Anda saat berhasil menaklukan kebutuhan target market Anda.

  1. Abaikan Pentingnya Jaringan Bisnis

Sudah banyak yang membuktikan jika jaringan dalam dunia bisnis merupakan fondasi yang penting. Jaringan yang kuat, bisnis Anda akan semakin kokoh dan mampu berdiri tegak. Bahkan saat dihantam krisispun. Semakin kuat jaringan bisnis Anda, maka ekspansi bisnis akan semakin mudah dilakukan.

  1. Strategi Marketing Amburadul

Stategi marketing kurang Anda persiapkan? Bersiaplah bunuh diri! Strategi marketing menjadi point penting dalam bisnis Anda dan bisa tumbuh serta berjalan dengan baik. Dapat dikatakan, strategi marketing merupakan poin penting yang membuat bisnis Anda tumbuh dan berjalan. Marketing adalah ujung tombak bisnis Anda.

Jangan gegabah dengan mengabaikan hal satu ini. Persiapkan strategi marketing baik online maupun offline. Take action maksimal secara konsisten. Strategi marketing yang baik telah menjadi kunci agar bisnis Anda cepat berjalan dan menuai hasil.

Demikianlah tips dari Titipku. Setelah Anda bangun bisnis Anda, gabung bersama Titipku untuk membantu memajukan UKM Indonesia. 🙂 Download aplikasinya sekarang!

Sumber: http://www.pandagila.com/strategi-buka-usaha-hindari-kesalahan-fatal/

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan