Mumpung Bulan Puasa, Sekalian Puasa Gadget Yuk!

puasa gadget untuk kurangi kecanduan

Bulan Ramadan tidak hanya dimaknai sebagai waktu menahan diri dari keinginan makan dan minum. Bulan Ramadan juga menganjurkan kita untuk menghindari sesuatu yang membuat kita “kecanduan”, seperti rokok, bergibah, hingga terlalu sering menggunakan gawai atau gadget.

Faktanya, mayoritas masyarakat saat ini ketergantungan dengan gawai dan fasilitas internet yang terpasang di dalamnya. ketergantungan pada gadget memberikan dampak buruk bagi psikologis dan kesehatan, terutama kesehatan mata.

Mumpung masih bulan Ramadan, selain puasa makan dan minum, puasa gadget sekalian yuk! Berikut tips dari Idntimes.com yang bisa kamu contoh dalam menjalankan puasa gadget.

 

  • Hapus Aplikasi di Gadget yang Tidak Terlalu Penting

Saat kamu ingin lepas ketergantungan pada gadget, maka yang paling pertama kamu lakukan adalah hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting. Sediakanlah maksimal delapan aplikasi saja pada gadget-mu (di luar aplikasi bawaan yang harus tersedia dan tidak bisa dihapus) dan gunakan aplikasi tersebut seperlunya saja, yakni maksimal 3 jam dalam sehari.

  • Matikan Koneksi Data dan Wifi Gadget-mu

Supaya puasa gadget-mu bisa berjalan dengan maksimal maka penting juga untuk mematikan koneksi data dan wifi pada gadget. Setelah mematikan gadget, kamu harus menaruh gadget sejauh mungkin dari hadapanmu. Fungsinya adalah agar pikiranya tidak fokus hanya pada gadget saja.

  • Cari Kesibukan Lain yang Tak Berhubungan dengan Gadget

Mematikan koneksi data maupun wifi pada gadget akan membuatmu merasa kesepian dan hampa. Oleh sebab itu, carilah kesibukan lain yang dapat menyenangkan dirimu yang tidak berhubungan dengan gadget, seperti menekuni hobi dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Saat kamu sibuk dengan hal lain, maka kamu tidak akan merasa bahwa dirimu sedang benar-benar puasa gadget.

  • Gunakan Gadget Seperlunya

Bila ada keadaan mendesak saat dirimu melakukan puasa gadget dan hal itu tidak dapat kamu kesampingkan, maka kamu boleh untuk membuka gadget asalkan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya belanja melalui aplikasi Titipku untuk memasok bahan pangan di rumah. Download aplikasinya, belanja dengan cepat, bayar, lalu tunggu Jatipernya datang mengantarkan belanjaanmu. Setelah itu, kamu tinggal konfirmasi pesanan diterima dan beri rating untuk Jatiper. Jika sudah, matikan kembali handphonemu. Setelah kebutuhan akan kepentingan mu selesai, maka kamu harus menyimpan kembali gadget milikmu.

  • Jangan Main Gadget saat Ngobrol dengan Orang Lain

Saat kamu hendak berusaha untuk menjauhkan diri dari rasa ketergantungan pada gadget, kini saatnya kamu lebih menghargai waktu, terutama waktu saat bertemu dan berbincang dengan teman atau kerabat lainya. Simpanlah gadget dan hargai perbincangan dengan terus mendengarkan serta merespon dengan baik.

Tinggalkan Balasan